Mesin Mobil Jarang Dipanaskan? Ini Akibatnya

By Automotive Evalube 02 Sep 2024
 

Bagi pemilik mobil yang tak menggunakan mobilnya tiap hari harus waspada apabila malas memanaskan mesinnya. Apalagi jika membiarkan mesin mobil tak dipanaskan hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. 

 

Terdengar sepele, tetapi memanaskan mesin mobil sangat penting dilakukan secara berkala. Pasalnya, jika tidak justru bisa merusak komponen-komponen pada mesinnya. 

 

Sebelum mobil digunakan, baiknya pemilik mobil memanaskan mesin selama beberapa menit. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya listrik pada aki serta agar oli dapat melumasi komponen dalam mesin secara sempurna terlebih dahulu. 

 

Apabila kegiatan memanaskan mesin ini tak pernah dilakukan berikut dampak buruknya: 

 

  1. Aki Soak 

 

Komponen pertama yang bisa rusak adalah bagian aki atau kelistrikannya. Jika mesin mobil tak dipanaskan dalam waktu lama maka aki tidak menyalurkan tegangan mesin dalam waktu tertentu. Hal ini menyebabkan voltase pada aki berkurang sehingga mesin mobil akan sulit dinyalakan. Selain itu, mesin yang tak pernah dipanaskan akan menyebabkan pengisian aki tidak maksimal sehingga aki cepat drop atau aus.  

 

  1. Pelumasan Tak Maksimal 

 

Saat menggunakan mobil tanpa memanaskan mesinnya terlebih dahulu akan menyebabkan pelumasan tak terjadi secara optimal. Pasalnya, oli dalam mesin belum bersirkulasi secara merata. Jika hal ini terjadi dalam waktu lama maka bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. 

 

  1. Tangki Bahan Bakar Berkarat 

 

Dampak lain yang bisa terjadi adalah tangki bahan bakar berkarat. Pasalnya, ada area kosong pada tangki bahan bakar yang menjadi ruang udara sehingga potensial berkarat. 

 

  1. Bahan Bakar dan Oli Mengendap 

 

Apabila mobil lama tak dipanaskan dan tak dipakai bisa menyebabkan bahan bakar dan oli yang tersedia pada mobil tersebut menjadi mengendap. Pasalnya, saat mesin mati oli dan bensin tentu saja tak bisa mengalir. 

 

Efeknya, endapan ini bisa menjadi sumbatan saat mesin mobil harus bekerja lagi. Biasanya akan mengakibatkan performa mesin menurun karena terhambat oleh endapan bahan bakar dan oli. 

 

Efek jangka panjangnya apabila mesin lama tak dipanaskan tentu saja bisa menyebabkan turun mesin. Untuk itu, baiknya memanaskan mobil meski tak memakainya. Pada mobil yang jarak dipakai, sebaiknya tetap panaskan mobil tiga sampai empat kali dalam seminggu. Lebih baik lagi jika mobil dipanaskan sambil dipakai untuk jalan. 

 

Itu dia beberapa dampak buruk saat mesin mobil jarang dipanaskan.