Mengenal Lampu Proyektor Mobil dan Kelebihannya

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Kehadiran lampu atau sistem pencahayaan pada mobil sangat penting, itu karena fungsinya untuk menerangi jalan terutama saat malam hari atau saat kabut. 

 

Jenis lampu mobil pun terus mengalami perkembangan setiap waktu. Kini, salah satu jenis lampu yang direkomendasikan digunakan agar arah cahaya lampu lebih fokus dan teratur adalah projector headlamp atau lampu proyektor mobil. 

 

Jadi, lampu proyektor mobil merupakan salah satu lampu modern yang banyak digunakan di mobil-mobil produksi terbaru. Lampu proyektor mobil ini menggantikan peran reflektor dan muka kristal pada mobil keluaran lama. 

 

Berikut ini beberapa kelebihan lampu proyektor mobil yang perlu dipahami: 

 

  1. Cahaya Lebih Fokus 

 

Salah satu keunggulan utama dari lampu proyektor mobil adalah membuat cahaya menjadi lebih fokus sehingga kondisi jalanan bisa terlihat lebih jelas. Karena itulah kini banyak mobil baru yang menjadikan projector headlamp jadi lampu standar. 

 

Selain itu, cahaya yang dihasilkan juga lebih terang sehingga lebih banyak diminati pengemudi. 

 

  1. Cahaya Lampu Tidak Silau 

 

Kelebihan lain dari projector headlamp adalah cahaya yang dihasilkan tidak menyilaukan mata. Pasalnya, cahaya lampu yang menyilaukan akan menjadi pengganggu bagi pengendara lain. 

 

Projector headlamp bisa diatur ketinggian dan posisinya dengan mudah sehingga bisa diatur agar cahayanya tak menyilaukan. 

 

  1. Risiko Kerusakan Pada Rumah Lampu Lebih Kecil 

 

Penggunaan lampu proyektor mobil juga memperkecil kerusakan pada rumah lampu yang biasanya disebabkan karena tingginya suhu dari lampu LED atau HID. Hal ini lantaran projector headlamp mampu membantu menahan panas yang dihasilkan dari lampu yang menyebabkan rumah lampu meleleh karena kepanasan. 

 

  1. Tampilan Jadi Lebih Keren 

 

Penggunaan lampu proyektor mobil juga mampu menunjang penampilan headlamp jadi lebih futuristik dan keren. Seperti yang kita ketahui, semakin tahun tiap pabrikan mobil selalu berlomba untuk menampilkan produk yang kekinian dan relate dengan tantangan zaman. Tak heran jika penggunaan projector headlamp jadi salah satu penunjangnya. 

 

Itu dia beberapa hal yang perlu diketahui tentang lampu proyektor mobil. Bagaimana, apa tertarik juga menggunakannya?