Membedakan Oli Matik dan Oli Manual

By Administrator 30 Agu 2021
 

Jika Anda sudah mengetahui apa kegunaan oli matic dan oli manual di masing – masing jenis motor, maka sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana perbedaan kedua oli tersebut. Di toko spare part ataupun bengkel motor banyak oli motor yang dipajang, entah itu dipajang sesuai merk ataupun sesuai dengan spesifikasinya.

Nah disaat seperti itu tak jarang pengendara motor sering melakukan blunder dengan keliru dalam memilih oli motor terbaik untuk kuda besi miliknya.

Berikut adalah cara membedakan oli matic dengan oli manual sesuai dengan kebutuhan berkendara Anda.

Perbedaan mendasar sebenarnya sudah terletak pada kemasan di botol oli tersebut, namun jika berjejer terlalu banyak bukan tidak mungkin mata pembeli akan kewalahan dan terjadilah kesalahan dalam membeli oli.

Ada beberapa perbedaan mendalam antara oli matic dan oli manual. Mulai dari kode JASO bahkan hingga tingkat kekentalan kedua oli.

Apa bedanya Kode JASO antara oli matic dan oli manual?
Ini adalah cara paling mudah untuk membedakan kedua oli dari kemasannya, yakni dengan melihat kode JASO yang tertera, JASO sendiri merupakan kependekan dari Japan Automobile Standard Organization.

Terdapat dua tipe oli dengan klasifikasi JASO pada mesin 4-Tak, yaitu JASO MA dan JASO MB. Mesin dengan kopling basah seperti motor bebek dan motor sport menggunakan kode MA. Oli dengan kode MA lebih lengket dan memiliki aditive agar bersenyawa pada kampas kopling untuk mencegah selip.

Sedangkan, oli klasifikasi JASO MB diperuntukan untuk mesin dengan kopling kering yaitu, motor matik. Oli JASO MB lebih licin dibandingkan dengan MA agar tidak membasahi kampas kopling.

Lalu cara yang kedua coba perhatikan tingkat kekentalan oli
Selain melihat kode JASO pada luar kemasan, kita juga bisa membedakan kedua oli motor tersebut pada tingkat kekentalannya.

Oli motor manual biasanya cenderung lebih kental ketimbang oli motor matic. Hal ini dikarenakan oli motor manual harus membuat kinerja kopling bisa lebih presisi.

Sedangkan penyebab mengapa oli matic lebih cair daripada oli manual, hal ini karena peran oli matic sebatas melindungi dan mendukung kinerja mesin agar performa motor menjadi lebih baik.

Kali ini ada rekomendasi untuk kebutuhan oli motor terbaik untuk Anda semua, dan Evalube hadir menjadi yang paling depan soal oli motor terbaik untuk motor manual maupun matic. Berikut adalah rekomendasi oli untuk motor manual dan matic dari Evalube.

Evalube Pro Racing Full Synthetic

Oli evalube ini merupakan oli motor terbaik yang dirancang dengan teknologi sintetis terbarukan khusus untuk mesin 4-Tak racing. Salah satu oli motor terbaik dari evalube ini mampu menambah tenaga dan meningkatkan akselerasi, serta mampu menjaga kestabilan oksidasi.

Evalube Scootic RX

Oli Evalube jenis ini cocok untuk masuk ke semua varian motor skutik. Teknologi dalam formulasinya mampu menjaga suhu optimal pada mesin serta mesin bisa bekerja maksimal. Kekentalannya pun cukup kuat pada suhu tinggi.

Kedua produk Evalube tersebut bisa dipilih sesuai dengan jenis kendaraan. Karena pelumas akan bekerja dengan baik, jika formula di dalam oli menemukan mesin yang pas. Mengingat cukup banyak varian oli motor terbaik yang dikeluarkan oleh Evalube tentu hal tersebut menjadi salah satu tujuannya.