Manfaat Glass Coating Pada Mobil, Berkendara Makin Nyaman

By Administrator 15 Jun 2023
 

Ada banyak pemilik mobil yang memilih merawat mobilnya dengan metode wax mobil atau sealant. Tetapi ternyata, merawat body mobil termasuk kaca dengan glass coating lebih menguntungkan lho.

Jadi, apa itu glass coating?

Glass coating ini istilah yang digunakan untuk menamai teknik merawat body mobil dengan melapiskan nano coating pada body mobil dengan produk coating khusus. Tujuannya yakni untuk memberikan perlindungan cat body mobil agar tetap mengkilap dan bersih.

Nano coating merupakan bahan atau teknologi pelapisan body mobil dengan partikel-partikel kecil yang bisa menyerap hingga pori-pori cat mobil.

Awalnya, partikel tersebut berbentuk cair, tetapi setelah dipoles ke body mobil dan didiamkan akan mengeras dan berbentuk seperti kaca bening. Lapisan kaca tersebut yang nantinya akan memproteksi body mobil.

Ada banyak manfaat ketika memilih melindungi body mobil dengan glass coating. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mobil tahan goresan

Dengan menggunakan glass coating akan membuat body mobil lebih tahan dari goresan. Goresan dari ranting pohon, batu kerikil, atau kesalahan dalam pencucian mobil bisa teratasi dengan teknik ini.

Tetapi, perlu juga diperhatikan bahan yang digunakan untuk glass coating. Tidak semua bahan bisa membuatnya bebas dari goresan.

Gunakan bahan yang baik yang bermutu bagus dengan ukuran 9H agar bisa maksimal melindungi mobil dari goresan.

2. Mencegah dari jamur

Manfaat lain dari glass coating adalah melindungi bagian body mobil terutama pernis dan cat pada body mobil agar lebih tahan air, baik air hujan maupun genangan air.

Hal ini akan membuat body mobil tak akan berjamur meski mobil basah dan tak langsung dikeringkan.

3. Warna tak cepat pudar

Salah satu manfaat lainnya adalah melindungi warna cat asli mobil. Seperti diketahui harga jual mobil kerap juga dipengaruhi oleh warnanya yang masih apik dan asli. Apabila warnanya pudar, harga jual mobil bisa turun drastis karena dianggap tak menarik.

4. Tampilan mobil makin keren

Penggunaan glass coating juga akan membuat tampilan mobil lebih keren dan gagah. Pasalnya, dengan menggunakan glass coating maka mobil akan tampak lebih kinclong dan mengkilap.

Selain itu, mobil yang sudah menggunakan glass coating apabila ada kotoran tinggal siram dengan air biasanya sudah bisa hilang.

5. Terlindung dari sinar UV

Glass coating juga akan membuat mobil lebih terlindung dari sinar UV. Paparan sinar UV bisa mengubah warna mobil. Seperti warna hitam menjadi abu-abu tua.

Berubahnya warna mobil karena UV ini disebabkan paparan sinar matahari dan proses oksidasi atau penuaan pada cat mobil.

Glass coating akan membuat mobil terlindung dari sinar UV sehingga warna aslinya jauh lebih awet.

Itu dia beberapa manfaat dari glass coating. Lakukan perawatan terbaik pada mobil Anda baik komponen mesinnya maupun bodynya agar lebih prima.

Jangan lupa juga ganti oli secara berkala dengan Evalube yang mampu membuat mesin mobil lebih optimal.