Kenali Pentingnya Chain Lube dan Peranannya

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Rantai merupakan salah satu komponen motor yang keberadaannya sangat penting. Untuk itu, rantai juga harus dirawat agar bisa bekerja secara optimal. 

 

Salah satu perawatan rantai sepeda motor adalah dengan menggunakan pelumas rantai atau yang sering disebut chain lube. Menggunakan pelumas rantai motor ini harus secara berkala atau rutin agar rantai tak gampang aus. 

 

Penggunaan chain lube sangat gampang karena tinggal disemprotkan pada rantai. Cairan ini akan bekerja melumasi rantai hingga ke bagian terkecilnya. Sebelum menyemprotkan chain lube, pastikan untuk mengocok botolnya terlebih dahulu. 

 

Saat rantai terlumasi dengan baik, rantai tak akan jadi mudah kendor atau putus di jalan. Rantai yang terlumasi dengan baik juga tak akan mengeluarkan suara berisik saat motor berjalan. 

 

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan chain lube pada rantai motor: 

 

  1. Rantai Jadi Lebih Bersih 

 

Rantai merupakan komponen yang dekat dengan jalan karena posisinya berdekatan dengan roda. Sehingga rantai sangat mudah terkena debu dan kotoran. Penggunaan chain lube ini akan membuat rantai terhindar dari penumpukan debu dan kotoran. 

 

  1. Rantai Tak Mudah Aus 

 

Rantai motor yang tak dilumasi dengan baik akan jadi kendor dan bisa saja putus. Untuk itu, pemakaian chain lube bertujuan agar rantai tak gampang aus.

 

Selain itu, penggunaan pelumas rantai juga bikin rantai terhindar dari bunyi berisik karena gesekan logam. Rantai jadi tak mudah panas dan bisa bekerja lebih optimal.  

 

  1. Mencegah Karat 

 

Rantai motor terancam sangat mudah karatan apalagi di musim hujan. Penggunaan chain lube ini juga berfungsi mencegah korosi pada rantai sehingga rantai tak gampang karatan. 

 

Beberapa orang masih memilih menggunakan oli bekas ketimbang chain lube untuk melumasi rantai. Hal ini padahal tak dianjurkan karena oli bekas memiliki efek buruk pada rantai. Untuk itu, baiknya gunakan chain lube agar rantai motor tak gampang aus.