Penyebab Mobil Tiba-tiba Mogok, Hati-hati Kebakaran

By Administrator 31 Agu 2023
 

Mobil mogok secara tiba-tiba tentu saja bisa bikin panik pengendara. Apalagi jika pengendara sebelumnya sudah merasa memastikan kondisi mobilnya baik-baik saja.

Meski demikian, mobil mogok mendadak masih bisa saja terjadi. Jika sudah demikian, akar masalah dari mobil mogok mendadak harus segera ditemukan.

Ada beberapa alasan kenapa mobil bisa mogok mendadak. Yang jelas, jika hal ini terjadi jangan panik dan segera tepikan mobil. Jangan paksa menyalakan mobil jika tak tahu masalah yang terjadi, karena justru bisa menyebabkan kebakaran.

Berikut ini beberapa alasan kenapa mobil bisa mogok mendadak:

1. Filter bahan bakar tersumbat

Kendaraan memerlukan bahan bakar untuk berjalan. Jadi, jika ada masalah pada bagian ini tentu saja bisa menyebabkan mobil mogok mendadak.

Filter bahan bakar tersumbat terjadi biasanya saat proses penambahan bensin. Sumbatan ini muncul karena tangki bensin terkontaminasi. Akhirnya muncul sumbatan yang menyebabkan aliran bensin tak lancar bahkan tersendat. Sehingga menyebabkan mobil mogok secara mendadak.

Untuk mengatasinya bisa dengan mengganti filter bahan bakar yang terletak dekat dengan blok mesin mobil. Tetapi, jika dirasa tak mengerti menggantinya baiknya memanggil bengkel terdekat.

2. Aki soak

Jika aki mobil soak maka mobil akan sulit dinyalakan. Masalah pada aki mobil ini menjadi salah satu sebab paling sering mobil mogok.

Untuk itu, perlu melakukan perawatan berkala pada mobil. Salah satunya juga mengecek kondisi aki. Jangan sampai ada masalah pada aki, jangan lupa juga untuk mengganti cairan pada aki.

3. Overheat

Overheat atau mesin terlalu panas bisa menjadi penyebab mobil mogok mendadak. Sebabnya bisa beragam, dari kerusakan pada komponen mesin atau air radiator yang kurang atau habis.

Jika mesin mobil overheat, jangan paksa untuk terus menyalakan mobil yang mogok pasalnya bisa menyebabkan kebakaran. Suhu terlalu tinggi pada mesin bisa menimbulkan percikan api hingga memicu kebakaran.

4. Alternator bermasalah

Alternator atau yang dikenal juga sebagai dinamo ampere bisa jadi salah satu penyebab mobil mogok. Pasalnya, fungsi dari komponen ini adalah sebagai pemasok energi listrik ke aki mobil. Artinya jika ada masalah pada alternator maka sistem kelistrikan akan terganggu karena kekurangan energi listrik sehingga menyebabkan mobil mogok.

Tetapi, seperti komponen lainnya juga, bagian ini bisa mengalami kerusakan karena waktu pemakaian. Biasanya, tanda kerusakan pada alternator yakni tercium seperti karet terbakar, lampu sorot mobil redup, suara decitan di mesin dan muncul aroma terbakar. Segera periksa alternator jika tanda-tanda tersebut muncul jangan menunggu mobil mogok ya.

5. Masalah pada karburator

Masalah ini khususnya untuk mobil tipe lawas yang masih menggunakan karburator mobil. Biasanya mobil mogok karena karburator terjadi saat terlalu sedikitnya bahan bakar yang masuk ke mobil sehingga menyebabkan proses pembakaran yang tidak sempurna.

Jika mobil mogok karena masalah indikator, solusinya bisa dengan melepaskan selang yang terhubung ke komponen tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sebuah botol. Jika sudah demikian, kemudian starter mobil kembali.

Itu dia beberapa penyebab mobil mogok mendadak. Lakukan perawatan secara berkala untuk mencegahnya. Ganti oli juga secara berkala dengan oli Evalube yang menjaga performa mesin Anda.