Ini Tanda Pompa Oli Mobilmu Bermasalah

By administrator 01 Mar 2021
 

Salah satu yang mendukung kelancaran proses pembakaran pada mobil adalah pompa oli. Pompa oli ini bertugas untuk mendistribusikan oli ke semua komponen di dalam mesin agar tetap terlumasi dengan baik, untuk itu kamu perlu menjaga kualitas pompa oli.

Pompa oli yang mulai bermasalah berisiko menimbulkan kerusakan parah pada mesin, dan potensi mesin mengalami overheat menjadi lebih besar. Tak hanya itu, komponen yang tidak terlumasi oli juga akan saling bergesekan dan akhirnya merusak keseluruhan komponen mesin.

Untuk menghindari kerusakan yang parah terjadi pada mobilmu akibat kerusakan pompa oli, berikut ini tanda pompa oli mobilmu bermasalah:

  • Tekanan Oli Rendah

Pompa oli berfungsi untuk mengatur tekanan, saat pompa oli bermasalah tentu akan membuat tekanan menjadi lebih rendah. Perubahan tekanan ini bisa kamu lihat pada panel indikator di dashboard mobil, jika tanda oli menyala itu berarti ada masalah pada sirkulasi oli.

 

Segera periksa volume oli di dalam tangki, tambahkan oli jika volumenya berkurang. Tetapi kalau volume oli sudah sesuai dan lampu indikator ini masih menyala, itu berarti masalahnya ada pada pompa oli mobilmu.

  • Meningkatnya Suhu Mesin

Selain melumasi, oli juga berfungsi untuk mendinginkan mesin. Saat pompa oli bermasalah, tentu oli tidak bisa melumasi semua komponen mesin dengan baik dan akhirnya suhu di dalam mesin meningkat.

Kalau sudah begini, tak menutup kemungkinan mobil akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi. Peningkatan suhu mesin ini bisa kamu lihat di dalam panel indikator yang ada di dashboard mobilmu. Saat kamu melihat lampu indikator ini menyala, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

  • Suara Kasar dari Perangkat Hidrolik

Perangkat hidrolik di mobilmu ini membutuhkan pelumasan yang baik agar bisa bekerja maksimal dan tidak menimbulkan suara. Tetapi saat pompa oli mengalami kerusakan, perangkat hidrolik ini akan terdengar kasar atau bising saat mobil digunakan.

Suara kasar yang terjadi di perangkat hindrolik ini menunjukkan kalau adanya komponen yang saling bergesekan, dan komponen ini rentan mengalami kerusakan. Kalau komponen di dalam hidrolik ini rusak, tentu biaya yang kamu keluarkan akan jauh lebih besar.

Untuk menghindari kerusakan pada pompa oli ini, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan komponen kendaraan secara rutin atau dapat dibarengi dengan waktu penggantian oli mesin. Perawatan yang tepat bisa menghindari mobil dari kerusakan sehingga lebih nyaman digunakan.