Ini Tanda Karet Master Rem Motor Bermasalah, Jangan Dibiarkan

By Administrator 31 Agu 2023
 

Lamanya waktu pemakaian atau karena jamur bisa menyebabkan seal atau karet master rem mengalami masalah. Saat terjadi kerusakan pada karet rem harus segera diganti agar tak mengganggu sistem pengereman.

Karet rem sendiri memiliki fungsi untuk memompa minyak rem setelah handle atau tuas rem ditarik, sehingga minyak rem nantinya akan mendorong piston caliper yang letaknya di bawah caliper. Saat piston caliper terdorong keluar, maka kampas rem motor akan menekan piringan cakram sehingga kecepatan roda sepeda motor akan berkurang.

Berikut ini tanda-tanda terjadi kerusakan pada karet master rem:

1. Handle rem keras

Ini tanda paling mudah yang bisa dirasakan oleh pengendara motor yaitu handle rem terasa keras saat ditarik. Masalah ini biasanya disebabkan karena jamur yang menempel pada seal master. Jika jamurnya masih sedikit, bisa dibongkar kemudian dicuci bersih.

Tetapi, cara tersebut cukup berisiko karena bisa merusak komponen lain. Cara yang lebih aman bisa dengan memutar seal rem sebanyak 90 derajat. Jika masih tetap keras, baiknya konsultasikan ke bengkel.

2. Rem tidak pakem

Tanda lain biasanya juga kepakeman rem berkurang. Apalagi jika sudah banyak berkurangnya, baiknya segera bawa ke bengkel karena bisa berisiko. Jika terus dibiarkan bisa menyebabkan rem blong dan menyebabkan kecelakaan.

3. Handle rem ngempos

Handle rem yang ngempos juga bisa menjadi tanda karet rem sobek atau terkikis atau terkena jamur. Biasanya teknisi akan menyarankan untuk mengganti seal rem dengan yang baru jika sudah demikian.

4. Kebocoran pada minyak rem

Jika minyak rem rembes atau bocor, kemungkinan ada kerusakan pada seal rem. Bocornya minyak rem akan beriringan dengan fungsi rem yang mulai akan terganggu jika terus didiamkan.

5. Rem tidak stabil

Rem yang tidak stabil, kadang terasa keras kadang terasa ngempos saat handle ditarik juga bisa menjadi tanda kerusakan pada karet rem. Biasanya ini disebabkan karena usia pemakaian seal rem sehingga sudah aus dan harus diganti yang baru.

Jika ada tanda-tanda kerusakan di atas pada rem Anda baiknya segera diperbaiki atau ganti yang baru ya. Pasalnya, membiarkan kondisi tersebut bisa berisiko menyebabkan kecelakaan.