Ini Penyebab Speedometer Motor Mati yang Jarang Diketahui

By Automotive Evalube 03 Apr 2024
 

Speedometer pada sepeda motor berfungsi untuk mengetahui berbagai informasi pada motor seperti kecepatan kendaraan dan ketersediaan bensin. Matinya speedometer bisa membuat pengendara tak menyadari saat bensin di motornya mulai menipis. 

 

Biasanya tanda speedometer akan mati adalah jarum pada speedometer naik turun tak terkendali saat motor sedang melaju. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal. 

 

Berikut ini beberapa penyebab matinya speedometer motor: 

 

  1. Kabel Putus 

 

Masalah paling umum yang jadi penyebab matinya speedometer motor adalah putusnya kabel speedometer. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan putusnya kabel speedometer. 

 

Di antaranya yakni kabel speedometer tertarik atau tertekuk saat motor dibersihkan. Bisa juga karena adanya karat pada kabel dan usia pemakaian yang sudah lama. 

 

  1. Gearbox Rusak 

 

Masalah pada gearbox juga bisa menyebabkan speedometer mati. Biasanya disebabkan karena pemasangan gearbox yang tak pas, gearbox pecah, atau aus. 

 

Gearbox sendiri memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke mesin lainnya. 

 

  1. Speedometer Bermasalah

 

Penyebab speedometer motor mati bisa juga lantaran speedometer itu sendiri yang rusak atau tidak berfungsi. Umumnya, ada beberapa komponen yang dapat menyebabkan kerusakan pada speedometer, penunjuk jarumnya contohnya.

 

Adapun berikut ini beberapa bagian panel yang menyebabkan speedometer motor mengalami kerusakan.

 

  1. Umumnya, bagian dalam speedometer rusak lantaran pecah, termasuk speed up.
  2. Seperti diketahui, jarum pada speedometer bergerak menunjukkan informasi kecepatan. Namun, jarum speedometer bisa saja rusak atau macet. Sehingga, jarum tidak bisa bergerak.
  3. Selanjutnya yang membuat speedometer rusak lantaran per pada speedometer patah. Sehingga membuat jarum tidak bisa menunjukkan kecepatan sebenarnya.

 

Itu dia beberapa penyebab kerusakan pada speedometer. Segera bawa motor ke bengkel untuk mendapat penanganan langsung dari ahlinya.