Siap Mudik, 5 Hal Perlu Dipersiapkan Agar Performa Motor Prima Buat Jalan Jauh

By Automotive Evalube 13 Apr 2024
 

Umat muslim kini tengah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Setelah puasa, umat musim di Indonesia akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk mudik merayakan Idul Fitri. 

 

Saat mudik, ada masyarakat yang memilih menggunakan sepeda motor karena dianggap praktis. Selain itu, pemilihan sepeda motor juga disebabkan karena hobi naik motor. 

 

Nah, sebelum mudik sebaiknya mempersiapkan sepeda motor terlebih dahulu agar performanya prima digunakan untuk mudik. 

 

Berikut beberapa hal yang harus disiapkan agar performa motor prima buat mudik: 

 

  1. Ban 

 

Ban atau roda adalah komponen yang sangat penting diperiksa kesiapannya sebelum mudik. Jangan sampai ada masalah dengan ban selama perjalanan karena bukan hanya membahayakan tetapi juga sangat merepotkan. 

 

Pastikan kondisi ban masih baik, jika ban sudah halus atau ketebalan pola tapaknya sudah tipis lebih baik diganti ban baru sebelum mudik. Agar lebih gampang bisa gunakan tread sebagai indikator keausan ban yang letaknya di tengah ulir ban. 

 

Posisi Tread ini dapat dilihat dari segitiga Tread Wear Indicator (TWI) yang biasanya terletak di sisi dinding ban. 

 

Pastikan juga tekanan ban tidak kurang atau berlebihan. Pastikan gunakan ukuran ban sesuai prosedur pabrikan. 

 

  1. Rem 

 

Selain ban, sistem pengereman juga harus dipastikan dalam kondisi baik. Pasalnya lalu lintas mudik bisa saja sangat padat dan jalanan penuh dengan kendaraan-kendaraan besar sehingga akan sering membutuhkan rem. 

 

Baiknya, minta teknisi untuk memeriksa kondisi rem sepeda motor kita. Jika ada masalah segera minta diperbaiki. Atau jika kampas rem mulai menipis, minta untuk diisi ulang. Pastikan juga semua komponen rem dalam keadaan baik. 

 

  1. Sistem Kelistrikan 

 

Saat menempuh perjalanan jauh, sistem kelistrikan tentu saja sangat penting. Apalagi jika perjalanan dilakukan hingga malam hari. Jangan sampai lampu motor dalam keadaan mati. Untuk itu, pastikan sistem kelistrikan dalam keadaan baik sebelum mudik. 

 

  1. Oli Mesin 

 

Oli mesin sepeda motor harus diganti secara berkala agar mesin selalu dalam performa terbaiknya. Sebelum mudik, pastikan oli mesin tercukupi. Jangan sampai terlambat mengganti oli mesin karena bisa menyebabkan motor overheating selama perjalanan mudik. 

 

Gunakan Evalube, oli motor yang terjamin kualitasnya. Evalube juga sangat mudah didapat di bengkel-bengkel terdekat. 

 

  1. Coolant 

 

Sistem pendingin pada motor juga harus dipastikan ketercukupannya. Dengan demikian, motor tak akan overheating selama perjalanan mudik. 

 

Itu dia beberapa hal yang harus dipastikan dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan mudik. Selamat berpuasa!