Ini Alasan Ban Depan Motor Umumnya Lebih Kecil daripada Ban Belakang

By Automotive Evalube 24 Jun 2024
 

Salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor adalah ban atau roda. Pasalnya, ban bersentuhan langsung dengan aspal jalan. 

 

Karena fungsinya yang sangat penting, pengemudi baiknya memahami seluk beluk tentang komponen ban ini sehingga ketika terjadi masalah atau kendala di jalan bisa mengatasinya dan tidak panik. 

 

Salah satu fakta yang perlu diketahui adalah ukuran ban depan dan belakang sepeda motor ternyata berbeda lho. Ketika diperhatikan sekilas mungkin tak tampak perbedaan ukurannya. Ban depan dan belakang akan tampak sama besarnya jika tidak diperhatikan dengan seksama. 

 

Nah, ternyata ban depan dan belakang sepeda motor ini umumnya memiliki ukuran yang berbeda. Biasanya, ban depan memiliki ukuran yang lebih kecil sedangkan ban belakang ukurannya lebih besar. 

 

Perbedaan ukuran ban depan dan belakang sendiri berbeda-beda tergantung dari pabrikan. Misalnya saja Honda Beat memiliki ban depan dengan ukuran 80/90 sementara ban belakangnya memiliki ukuran 90/90. Sementara ukuran ban depan Yamaha Aerox 110/80-14 dan ban belakang 140/70-14. 

 

Lalu, kenapa ban depan dan belakang sepeda motor dibuat dengan ukuran berbeda? 

 

Ada beberapa alasan kenapa ukuran ban depan dan belakang motor dibuat berbeda. Pertama, karena soal kenyamanan handling pengendara saat melaju di jalan. 

 

Ban depan yang kecil akan membuat pengemudi lebih mudah bermanuver ke kanan dan ke kiri saat di jalan. Pasalnya, di atas ban depan ada setang, sehingga ban yang tak terlalu besar akan membuat setang tak ketinggian. 

 

Sementara ban belakang dibuat lebih besar alasannya karena beban muatannya lebih besar dibandingkan ban depan. Hal ini karena pengemudi maupun penumpang lebih bertumpu pada ban belakang. Ban belakang yang besar juga mengoptimalkan traksi sepeda motor. 

 

Jadi, bisa dipahami ban depan dan ban belakang dibuat sesuai fungsinya masing-masing. Ban depan untuk menjaga grip saat motor bermanuver dan mencengkram aspal saat pengereman. Sementara ban belakang lebih untuk menopang beban motor sekaligus penumpangnya. 

 

Bukan hanya itu, ternyata fungsi konstruksi ban depan dan belakang juga berbeda. Ban depan dibangun dengan konstruksi satu lapis yang lebih lunak sementara ban belakang dengan konstruksi dua lapis sehingga lebih kuat.