Fungsi Stabilizer dan Jenis-jenisnya

By Automotive Evalube 22 Mei 2024
 

Stabilizer mobil seperti sway bar atau anti-roll bar merupakan salah satu komponen penting dalam sistem suspensi mobil.

Komponen ini dibuat untuk meningkatkan stabilitas dan kendali mobil. Fungsi utama dari stabilizer adalah agar mobil lebih terkendali dari kemiringan atau condong ke salah satu sisi saat mobil berbelok atau bermanuver di jalan.

Untuk lebih lengkapnya berikut fungsi-fungsi stabilizer:

1. Menjaga Stabilitas Mobil

Stabilizer membantu mobil untuk tetap aman dan nyaman dikendalikan saat melewati jalan berbelok atau berkelok. Stabilizer juga membuat mobil yang dipacu dalam kecepatan tinggi tetap bisa dikendalikan dan tidak kehilangan keseimbangannya.

2. Mengurangi Body Roll

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, stabilizer berfungsi untuk mengurangi kemiringan atau condong mobil saat melewati jalan berbelok atau bermanuver di jalan. Stabilizer membantu meredam gerakan tersebut sehingga tetap bisa stabil dan aman dikemudikan.

3. Meningkatkan Daya Cengkeram

Salah satu lagi fungsi penting dari stabilizer adalah meningkatkan daya cengkeram ban pada aspal sehingga mobil tak tergelincir saat dipacu dengan kecepatan tinggi atau saat dipacu di jalanan licin. Dengan demikian, mobil tetap aman dikendarai saat kondisi jalan licin.

Selain memiliki beberapa fungsi, stabilizer di mobil juga memiliki beberapa jenis atau variasi. Perbedaannya adalah lokasi pemasangan dan cara kerjanya dengan suspensi. Berikut beberapa jenis stabilizer dalam mobil:

1. Rear Lower Bar

Sesuai dengan namanya, stabilizer ini dipasang di bagian belakang mobil dan terhubung dengan suspensi belakang. Rear lower bar memiliki fungsi untuk mengurangi body roll yang terfokus pada pergerakan bagian belakang mobil.

2. Underbrace

Underbrace dipasang di berbagai sisi mobil yakni sisi depan, belakang, bawah, dan tengah mobil. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kekokohan mobil dan menjaga fleksibilitas subframe suspensi saat mobil melewati jalan berbelok dan membawa beban berat.

3. Anti Roll

Anti Roll juga disebut sway bar merupakan stabilizer yang berfungsi untuk membuat mobil tetap stabil saat berbelok sehingga kemiringannya dapat berkurang. Anti roll ini dibuat menggunakan batang baja yang diletakkan di bagian bawah mobil dan terhubung dengan sistem suspensi mobil. Ia bekerja dengan cara membagi gaya mobil yang timbul saat berbelok, ke bagian kanan dan kiri mobil agar tingkat kemiringan dapat dikurangi.

4. Strut bar

Strut bar terletak di atas mesin mobil dan menghubungkan bagian atas suspensi mobil. Fungsinya untuk membuat kestabilan mobil dengan menjaga tekanan di kedua sisi mobil tetap seimbang

Itu dia mengenai stabilizer dari fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga membantu ya!