Faktor-faktor yang Bikin Kualitas Oli Menurun

By Administrator 18 Apr 2023
 

Oli adalah salah satu komponen dalam kendaraan yang sangat penting karena berhubungan langsung dengan kinerja mesin. Untuk itu, para pemilik kendaraan wajib tahu hal-hal apa saja yang bisa mempengaruhi kualitas oli.

Dalam setiap buku panduan servis kendaraan, jelas disebutkan bahwa oli wajib diganti secara teratur. Untuk itu, jika tidak rajin mengganti oli secara teratur pasti akan terjadi kerusakan pada mesin kendaraan.

Jika mesin kendaraan sudah rusak, pastinya dibutuhkan dana lebih besar untuk memperbaikinya. Untuk itu, lebih baik mencegah kerusakan dengan mengganti oli sesuai periode waktu yang ditentukan.

Pasalnya, jika menunda mengganti oli mesin maka kualitas oli akan menurun dan berpengaruh pada mesin.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kualitas oli menurun, yakni:

1. Pengaruh suhu

Pengaruh suhu dan interaksi udara ini akan terjadi saat oli dimasukkan ke mesin dan mesin dinyalakan. Permasalahan akan terjadi jika mesin terlalu panas atau overheat, ini akan menurunkan kualitas oli.

Untuk itu, penting untuk selalu memperhatikan sistem pendingin dalam mesin. Apakah bekerja dengan baik atau tidak. Jika ada masalah pada sistem pendinginnya, segera lakukan perbaikan.

2. Air

Oli yang bercampur dengan air juga akan menurunkan kualitas oli tersebut. Untuk itu, jangan sampai ada air yang masuk ke dalam mesin.

Air yang masuk ini biasanya ada kebocoran dalam sistem pendingin mobil. Selain itu, bisa juga ada kebocoran pada gasket kepala silinder.

Sistem pendingin memang harus selalu dipastikan bekerja dalam keadaan baik. Karena bisa sangat berpengaruh pada kinerja mesin.

3. Mesin jarang dipanasi

Pada kendaraan yang jarang dipakai dan jarang dipanasi juga bisa menyebabkan kualitas oli di mesin menurun kualitasnya.

Jika mobil jarang dipanasi maka suhu dingin di malam hari bisa membuat mesin mengembun. Embun ini jika bercampur dengan oli akan menyebabkan kualitas oli menurun.

Untuk itu, meski jarang dipakai disarankan untuk rutin memanasi kendaraan Anda.

Selain itu, pastikan menggunakan Evalube untuk kendaraan Anda. Kualitas Evalube terjamin karena kandungannya berteknologi tinggi dalam menjaga mesin tetap prima. Pilihan produk yang beragam memberikan Anda keleluasaan untuk bisa memilih jenis yang sesuai dengan kendaraan kesayangan Anda di rumah.