Dampak Buruk Lupa Mengganti Oli Mobil

By administrator 15 Okt 2019
 

Setiap kendaraan bermotor pasti membutuhkan oli untuk melumasi permukaan mesin agar terhindar dari gesekan dan maksimalkan kinerjanya. Oli ini juga perlu diganti secara rutin untuk mengurangi kerusakan, sebab oli yang tidak diganti secara rutin akan terdapat endapan kotoran sisa pembakaran yang membuat oli menjadi lebih kental dan pastinya membuat kinerja mesin tidak maksimal bahkan menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Apa saja dampak buruk ketika Anda lupa mengganti oli mobil? Berikut ini beberapa dampaknya:

  • Penyumbatan

Oli mesin yang kotor dapat mengental dan akhirnya menyumbat saluran oli, penyumbatan ini membuat banyak komponen tidak terlumasi dengan baik. Komponen yang tidak mendapatkan asupan oli yang cukup ini juga akan saling bergesekan dan membuatnya lebih cepat rusak.

  • Overheating

Oli dapat membantu mendinginkan mesin, ketika Anda lupa mengganti oli dan oli sudah dalam keadaan tidak layak pakai, otomatis mesin mobil akan menjadi lebih panas atau overheating. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini akan membuat komponen di dalam mesin menjadi lebih cepat rusak karena terlalu panas.

  • Suara Mobil Menjadi Lebih Kasar

Pernahkah Anda mendengar suara mesin mobil yang terdengar kasar? Hal ini dapat disebabkan oleh oli yang sudah mulai kotor. Oli yang kotor tidak mampu melumasi permukaan mesin secara maksimal, bahkan dalam oli itu sendiri sudah terdapat endapan kotoran yang lama-lama merusak komponen di mesin mobil. Tak heran kalau suara mesin mobil akan terdengar lebih kasar dari sebelumnya.

  • Mobil Cepat Rusak

Mengganti oli mesin secara rutin dapat membantu mengurangi risiko kerusakan mobil, tetapi ketika Anda lupa atau bahkan sering tidak mengganti oli mobil, tak menutup kemungkinan mobil akan lebih cepat rusak. Kalau sudah begini tentu pengeluaran Anda untuk biaya perbaikan akan lebih mahal dibandingkan mengganti oli secara rutin.

Tak ada salahnya Anda rutin melakukan perawatan berkala pada kendaraan terutama mobil, jangan lupa catat selalu tanggal dimana Anda melakukan perawatan berkala sebagai acuan untuk melakukan perawatan berikutnya. Walapun terkadang malas untuk melakukan perawatan mobil, tetapi Anda tetap harus melakukannya sebab tanpa perawatan yang cukup, mobil Anda akan lebih cepat mengalami kerusakan.