Tips Aman Menggunakan Fitur Cruise Control Pada Mobil

By Administrator 23 Mei 2023
 

Salah satu teknologi cangging yang tersemat pada mobil-mobil kekinian adalah fitur cruise control. Fitur ini biasanya bisa dilihat di roda kemudi mobil.

Fungsi dari cruise control sendiri ini adalah untuk mengatur mobil agar melaju pada kecepatan stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan mobil untuk berkendara pada kecepatan stabil tanpa pengemudi perlu terus menerus menginjak pedal gas. Cruise control kerap juga disebut sebagai speed control atau juga autocruise.

Cruise control berguna bagi pengendara yang tengah melakukan perjalanan jauh sehingga kakinya terasa lelah dan kaku untuk terus menginjak pedal gas. Namun, apabila dioperasikan dengan asal-asalan tentu saja bisa menimbulkan masalah dan berbahaya.

Untuk mengaktifkan cruise control pertama-tama pada umumnya mobil harus dipacu pada kecepatan yang diinginkan, misalnya 60 km/jam. Setelah itu tekan tombol cruise control, setelah itu mobil akan terus berjalan dengan stabil sesuai kecepatan yang diinginkan tanpa perlu menginjak pedal gas.

Fitur ini akan lebih efektif digunakan di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Soalnya, aturan pabrikan biasanya membatasi kecepatan mobil untuk mengaktifkan cruise control yakni minimal 40 km/jam.

Jika dipaksakan digunakan di jalan ramai, bisa saja ada risiko kecelakaan atau tabrakan.

Untuk keamanannya, mobil dengan fitur cruise control dilengkapi dengan sensor yang mampu membuat mobil mendeteksi jarak dengan kendaraan lainnya. Jika jarak mobil terlalu dekat, mobil akan otomatis mengerem. Sementara jika jarak terlalu jauh, mobil akan otomatis melaju.

Pengendara tetap harus berkonsentrasi memperhatikan kondisi jalan saat mengaktifkan cruise control. Pasalnya, mobil lain mungkin saja tiba-tiba muncul dari arah tertentu. Untuk itu, harus tetap waspada dan konsentrasi pada jalan.