Apa yang Harus Dilakukan setelah Mobil Melibas Banjir?

By Administrator 22 Jan 2024
 

Beberapa wilayah di Indonesia jadi langganan banjir, salah satunya adalah Jakarta. Kondisi ini membuat mau tak mau pengemudi mobil terpaksa menerobos banjir dalam kondisi tertentu.

Mobil yang digunakan untuk menerobos banjir akan berisiko mengalami beberapa kerusakan. Seperti olinya bercampur dengan air, kerusakan pada komponen kelistrikan, hingga karat.

Untuk itu, ada beberapa langkah perawatan yang harus dilakukan pada mobil setelah digunakan untuk menerobos banjir. Berikut langkahnya:

1. Lepas Komponen Kelistrikan

Sesaat setelah mobil digunakan untuk menerobos banjir, segera lepas komponen kelistrikannya. Lepaslah kabel aki yang terletak di dalam terminal plus. Dengan dilepasnya kabel aki akan mencegah dan meminimalisir terjadinya korsleting karena arus pendek.

Arus pendek bisa terjadi bukan hanya saat mesin menyala, tetapi juga saat mesin mati. Pasalnya, mesin tetap memiliki arus listrik meski dalam keadaan mati. Melepas komponen kelistrikan akan mencegah arus pendek terjadi.

2. Letakkan Mobil Di Tempat Aman

Setelah komponen kelistrikan dilepas, bawa mobil ke tempat yang kering. Apabila mobil didiamkan lama di tempat banjir atau ada genangan air, bisa membuat kerusakan pada komponennya.

3. Jangan Nyalakan Mesin Dulu

Setelah mobil melibas banjir, jangan buru-buru menyalakan mesin. Baiknya pastikan mobil benar-benar kering sebelum menyalakan mesinnya kembali. Pasalnya, biasanya ada komponen yang mengalami masalah setelah terendam banjir.

4. Bersihkan Mobil

Segera cuci dan keringkan mobil setelah digunakan untuk menerobos banjir. Hal ini penting agar tak terjadi karat pada mobil. Pasalnya, karat bisa dengan mudah menjalar jika sudah ada.

5. Lakukan General Check Up

Setelah mobil bersih, lakukan general check up atau pemeriksaan menyeluruh. Pastikan tak ada kerusakan pada komponen mobil. Baiknya juga kunjungi bengkel untuk lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Itu dia beberapa perawatan pada mobil yang digunakan untuk menerobos banjir. Pastikan sistem kelistrikan aman ya agar tak terjadi korsleting.