Apa Itu Lampu Biled? Jenis Lampu Motor Buruan Modifikator

By Automotive Evalube 20 Mei 2024
 

Kini, banyak pengendara mobil atau motor mengganti lampu bawaan mereka dengan lampu biled atau yang juga disebut bi-LED. Lampu ini banyak dipilih karena cahayanya yang lebih terang. Untuk kamu yang berminat mengganti lampu dengan lampu biled lebih baik memahami terlebih dahulu mengenai lampu ini.

Pengertian lampu biled

Lampu biled dapat dipahami sebagai bi-function LED yakni bi adalah dua sementara LED adalah sumber cahaya yang digunakan oleh lampu tersebut. Lampu biled menggunakan teknologi proyektor dua lampu. Lampu ini juga dijual dalam berbagai desain yang cukup menarik.

Keunggulan lampu biled

Lampu biled diklaim memiliki beberapa keunggulan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lebih Terang

Jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, lampu biled memang memiliki cahaya yang lebih terang. Karena itu, lampu ini cukup efisien digunakan untuk menerangi jalan di malam hari terutama untuk orang-orang yang memiliki rumah di daerah dengan intensitas lampu jalannya masih sedikit.

2. Lebih Fokus

Meski cahayanya lebih terang, lampu biled tetap mampu untuk memberikan fokus cahaya yang baik. Hal ini dikarenakan lampu biled didesain sekaligus dengan lensa optiknya. Sementara lampu LED biasa pada umumnya masih memanfaatkan reflektor kendaraan bawaan yang membuat lampu tersebut berpendar kurang optimal.

3. Tidak Silau

Meski lebih terang, tetapi lampu biled tidak membuat silau kendaraan yang dari arah berlawanan. Hal ini disebabkan karena lampu biled menggunakan cut-off yang tidak membuat orang lain silau.

Itu dia beberapa keunggulan lampu biled yang bisa jadi pertimbangan jika ingin mengganti lampu kendaraan dengan biled.