Alasan Lampu Kabin Tak Boleh Menyala Malam Hari

By Automotive Evalube 26 Mei 2024
 

Mengemudikan mobil malam hari menjadi hal biasa bagi beberapa orang yang beraktivitas di malam hari. Saat mengemudi di malam hari, salah satu yang perlu menjadi catatan adalah lampu kabin disarankan untuk tak dinyalakan.

Lampu kabin tak boleh dinyalakan saat mengemudi mobil di malam hari memiliki alasan. Lampu kabin yang menyala bisa mengganggu pengendara lain hingga sebabkan kecelakaan.

Berikut lengkapnya alasan lampu kabin tak boleh menyala di malam hari:

1. Mengganggu Konsentrasi Pengendara Lain

Pengguna jalan tentu saja bukan diri kita sendiri, ada orang lain yang juga menggunakan jalan. Untuk itu, kita juga harus memperhatikan kenyamanan dan keselamatan pengendara lain. Salah satunya dengan tidak menyalakan lampu kabin saat berkemudi di malam hari.

Saat lampu kabin menyala, hal ini bisa mengganggu konsentrasi pengendara lain. Mobil dengan lampu kabin menyala cukup mencuri perhatian sehingga sopir lain bisa saja kehilangan fokus berkendara. Hal ini tentu saja bisa berbahaya apalagi jika di jalan arus cepat.

2. Menghindari Tindakan Kriminal

Saat lampu kabin menyala, orang lain bisa leluasa melihat isi di dalam mobil kita. Hal ini tentu saja bisa mengundang tindak kriminal. Pencurian bisa saja terjadi jika tidak hati-hati. Untuk itu jangan nyalakan lampu kabin di malam hari agar privasi tetap terjaga dan terhindar dari aksi kriminal.

3. Menyesuaikan Penglihatan Saat Malam

Menyalakan lampu kabin di malam hari bisa mengganggu penglihatan. Pasalnya, pupil mata manusia akan berubah sesuai intensitas cahaya yang diterima. Saat lampu kabin dinyalakan, pupil akan mengecil sehingga jumlah cahaya yang masuk ke mata jadi lebih sedikit.

4. Hemat Aki

Mematikan lampu mobil saat malam hari juga membuat mobil lebih hemat daya listrik sehingga pengaruh terhadap konsumsi aki yang digunakan. Sebaliknya, apabila nekat menyalakan lampu kabin di malam hari, apalagi dalam waktu lama maka akan membuat konsumsi aki jadi boros.

Lupa mematikan lampu kabin ketika mobil sudah terparkir juga bisa berisiko membuat aki menjadi tekor jika dibiarkan terlalu lama.

Selain itu, menyalakan lampu kabin di malam hari juga bisa berisiko terkena tilang. Apalagi jika sudah diperingatkan tetapi tetap nekat menyalakan lampu kabin.

Jadi, jika ingin menyalakan lampu kabin lebih baik menepi mencari tempat istirahat sebentar agar lebih aman.