Penyebab Kebocoran Oli pada Sepeda Motor

By administrator 11 Mei 2020
 

Kebocoran oli memang sering terjadi pada kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat. Oli yang bocor ini memang tidak boleh dibiarkan terjadi terus – menerus karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya karena mesin mengalami overheat. Tak sedikit pengendara yang merasa khawatir saat melihat genangan oli di bawah motor mereka, tetapi sebenarnya apa yang menjadi penyebab kebocoran oli terjadi pada sepeda motor?

  • Kerusakan Seal

Seal yang terbuat dari karet ini akan mengeras dan retak seiring lamanya pemakaian dan tak jarang kerusakan ini menyebabkan oli keluar atau rembes. Untuk itu kamu bisa perhatikan kondisi seal saat menemukan kebocoran oli di bawah sepeda motormu.

  • Filter Oli Aus

Filter oli yang sudah terlalu lama tidak diganti atau pemasangan yang kurang pas akan mengalami kerusakan karena kotor, dan kondisi filter yang aus ini bisa memicu terjadinya kebocoran oli pada sepeda motormu. Makanya kamu harus rutin memeriksa kondisi filter oli saat sedang melakukan servis rutin pada sepeda motor.

  • Packing Mesin Rusak

Sepeda motor yang kurang dirawat dengan baik juga bisa membuat kerusakan pada packing atau packing crankcase sehingga oli sepeda motor mulai rembes dan bocor. Jadi sebaiknya kamu melakukan perawatan yang rutin untuk mencegah terjadinya kebocoran oli ini.

Sepeda motor yang tidak dirawat dengan baik memang  sering menjadi penyebab terjadinya kebocoran oli, untuk itu lakukan perawatan pada sepeda motormu secara rutin di bengkel agar kerusakan yang masih minim bisa langsung diatasi. Selain menghindari kebocoran oli, sepeda motor yang terawat juga akan lebih nyaman dan aman ketika digunakan.