3 Alasan dan Cara Memperbaiki Sepeda Motor Berasap

By administrator 12 Apr 2021
 

Selain mengganggu pernafasan, asap yang keluar dari knalpot sepeda motor juga bisa menunjukkan adanya masalah pada mesin terlebih pada sepeda motor empat tak. Sepeda motor empat tak memang jauh berbeda dari dua tak karena lebih minim asap, tetapi kalau kamu melihat asap berlebihan keluar dari knalpot empat tak, tentu ini wajib diwaspadai.

Keluarnya asap ini bisa menjadi pertanda kalau sepeda motor sedang mengalami masalah, berikut tiga penyebab dan cara mengatasi sepeda motor yang mengeluarkan asap terlalu banyak:

1. Ring Piston Aus

Sepeda motor berasap putih yang pertama disebabkan karena adanya kerusakan pada ring piston atau aus. Ring piston ini bentuknya tidak bulat sempurna dan ketika ada celah yang semakin membesar, maka oli bisa dengan mudah masuk ke dalam ruang pembakaran dan membuat knalpot mengeluarkan asap putih dan berkurangnya tenaga dari sepeda motor.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, kamu harus mengganti ring piston dengan yang baru. Tetapi sebaiknya lakukan penggantian ring piston ini dilakukan oleh teknisi di bengkel yang terpercaya.

2. Kebocoran Oli

Kebocoran oli ini bisa membuat sepeda motormu mengeluarkan asap, dan salah satu penyebab oli bocor adalah penggunaan oli yang viskositasnya tidak sesuai seperti oli yang terlalu encer. Oli yang encer ini bisa masuk ke dalam celah kecil dan akhirnya masuk ke dalam ruang pembakaran.

Agar terhindar dari kejadian seperti ini, sebaiknya kamu mengganti oli dengan yang baru dan pastikan kekentalannya sesuai dengan kebutuhan sepeda motor.

3. Knalpot

Tak hanya permasalahan dari dalam sepeda motor, keluarnya asap dari knalpot juga bisa disebabkan karena knalpot itu sendiri. Ada beberapa jenis knalpot yang bisa menyeprotkan oli ke bagian dalamnya, suhu tinggi di knalpot ini akan membuat oli terbakar dan mengeluarkan asap putih.

Kondisi ini sebenarnya wajar, asalkan volume oli di dalam tangki masih mencukupi. Tetapi untuk memastikannya, kamu bisa melepas knalpot dan menyalakan mesin sepeda motor. Kalau sepeda motor tidak mengeluarkan asap, itu berarti tidak ada masalah, jika sebaliknya maka sebaiknya kamu membawa sepeda motor ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan.

Mengatasi sepeda motor yang berasap memang tidak terlalu sulit, asalkan kamu mengerti letak kerusakannya. Tetapi kalau tidak yakin bisa mengerjakannya sendiri, ada baiknya kamu meminta bantuan dari teknisi di bengkel.