Terkesan Sepele, Sering Mengecek Air Radiator Bisa Meminimalisir Kerusakan Mobil

By Administrator 08 Feb 2023
 

Rutinitas sebelum menggunakan kendaraan terlebih untuk mobil, banyak ritual yang harus dilakukan. Tidak sekadar mengecek kapasitas oli sesuai dengan takaran, tetapi juga memperhatikan air radiator mobil menjadi kebiasaan yang harus diperhatikan demi menjaga performa mobil.

Adapun dampak positif yang didapat oleh pemilik mobil lantaran sering melakukan pengecekan air radiator adalah menjaga suhu mesin mobil dalam kondisi yang ideal. Hal ini dikarenakan cairan yang ada di dalam bagian tersebut, dapat berkontribusi dalam mendinginkan mesin mobil saat digunakan dalam mobilitas harian.

Sebagaimana fungsinya, bagian tersebut memang memiliki peran untuk menjaga tingkat kestabilan suhu jantung mekanis. Bila cairan yang ada di dalam bagian tersebut kosong atau habis karena disebabkan kebocoran, Anda harus bersiap untuk mengeluarkan kocek yang cukup dalam untuk melakukan penggantian.

Sedangkan sebaliknya, jika kondisi cairan tersebut tetap diperhatikan setiap hari, maka performa mobil akan memberikan dampak yang baik saat digunakan. Dalam melakukan pengecekan air radiator, Anda juga harus memperhatikan warnanya.

Bukan tanpa alasan, tetapi jika coolant yang digunakan sudah berganti warna menjadi lebih kotor atau keruh, hal ini menandakan Anda harus melakukan penggantian. Gunanya adalah untuk menjaga kualitas dari cairan tersebut akan maksimal dalam mendinginkan suhu mesin kendaraan.

Adapun untuk mengecek air radiator tersebut, caranya cukup mudah, yakni dengan membuka tutup yang ada di bagian atas, lalu perhatikan batas maksimal dan batas minimal. Saat membuka tutup tersebut, Anda juga bisa langsung melihat apakah warna cairan tersebut sudah berubah atau belum.

Tidak berhenti sampai di sana, saat melakukan pengecekan kapasitas air radiator, pastikan juga memeriksa bagian upper komponen tersebut. Hal ini dikarenakan meminimalisir adanya kebocoran yang terjadi. Jika ada rembesan air dari bagian itu, Anda harus segera melakukan perbaikan ke bengkel resmi atau bengkel rekanan langganan Anda.

Dengan memperhatikan hal sepele tadi, ini bisa menjadi sebuah kebiasaan yang baik agar suhu mesin tidak lagi melonjak secara tiba-tiba. Adapun masalah yang akan timbul akibat kebocoran atau kerusakan pada radiator, mobil akan tiba-tiba mati lantaran suhu mesinnya meningkat secara signifikan.

Jangan sampai kelengahan tersebut membuat Anda repot di tengah jalan, pastikan kondisi bagian tersebut harus dalam kondisi yang prima.