5 Modifikasi Berbahaya Bagi Mobil Jika Dilakukan Sembarangan!

By Administrator 21 Feb 2024
 

Bagi sebagian orang mungkin tak puas dengan mobil bawaan pabrikan sehingga ingin melakukan beberapa modifikasi. Modifikasi ini sebenarnya niatnya untuk meningkatkan penampilan pada mobil.

Namun, ternyata ada beberapa modifikasi yang justru bikin berbahaya. Jika dipaksa dilakukan modifikasi maka hal ini bisa mengundang berbagai masalah.

Berikut beberapa modifikasi yang berbahaya:

1. Modifikasi Pelek Dan Ban

Modifikasi pelek dan ban sepertinya paling umum ditemukan. Untuk membuat penampilan mobil tampak berbeda memang bisa dilakukan dengan mengganti pelek dan ban. Biasanya, modifikasi ini dilakukan dengan mengganti pelek dan ban dengan ukuran yang lebih besar.

Sayangnya, mengganti pelek dan ban menjadi lebih besar justru akan membuat berkendara jadi kurang nyaman. Selain itu, bahan bakar jadi akan semakin boros karena berat mobil jadi semakin bertambah.

2. Modifikasi Ceper

Modifikasi dengan cara merendahkan ground clearance atau ceper juga cukup umum dilakukan pada mobil-mobil model lawas. Modifikasi ini sebenarnya cukup mudah dilakukan karena tak perlu menambah atau mengganti komponen apa pun hanya memotong beberapa ulir pada per standar.

Sayangnya, modifikasi ini bisa membahayakan pengguna jalan lain. Pasalnya, mobil yang ceper akan lebih sulit menghadapi jalan berlubang. Ini tentu saja akan mengganggu dan membahayakan pengendara lain.

3. Mengganti Kaca Film

Fungsi kaca film sebenarnya untuk mengurangi teriknya sinar matahari bagi pengendara sehingga tak silau di mata. Namun, jika kaca film yang diganti terlalu gelap bisa berbahaya saat malam hari karena visibilitas jadi berkurang.

4. Ganti Lampu Led

Penggunaan lampu ini juga tak boleh sembarangan karena ada syarat aman agar tak mengganggu pengendara lain. Apabila dilakukan sembarangan, bisa mengganggu pandangan pengendara lain dan berisiko menyebabkan kecelakaan.

5. Upgrade Audio

Banyak orang yang kini meningkatkan kapasitas audio dan perangkat elektronik dalam mobil lainnya. Padahal ini sangat berbahaya jika dilakukan sembarangan karena berkaitan langsung dengan sistem kelistrikan dalam mobil. Jika terjadi kesalahan sedikit saja bisa memicu terjadinya korsleting.

Itu dia beberapa modifikasi mobil yang cukup berbahaya. Pada dasarnya, modifikasi tak boleh dilakukan sembarangan. Jika memang ingin melakukan perubahan sebaiknya dikonsultasikan dengan para ahlinya.