Ini Fungsi Penting dari Pentil Ban Motor dan Mobil

By Automotive Evalube 25 Sep 2024
 

Karena bentuknya sangat kecil, pentil di ban motor maupun mobil kadang keberadaannya tak dianggap penting. Mungkin, ada juga yang beranggapan bahwa pentil hanya sebagai pelengkap kendaraan saja tanpa fungsi signifikan.

Padahal, pentil memiliki fungsi yang sangat penting. Jika pentil ini hilang dari ban motor atau mobil tentu saja akan mengganggu aktivitas berkendara.

Fungsi Pentil Ban

Berikut ini beberapa fungsi penting dari pentil pada ban kendaraan:

1. Cegah Kotoran Masuk Ke Ban

Pentil sangat berguna ketika pemilik kendaraan ingin mengurangi sedikit udara di dalam ban karena tekanan terlalu tinggi. Caranya cukup dengan menekan bagian menonjol pada tengah pentil. Udara pun dengan sendirinya akan keluar dari ban.

Nah, ketika pentil ini tidak ada atau tutupnya hilang maka debu atau kotoran akan dengan mudah masuk ke dalam ban. Benda asing seperti pasir, kayu kecil atau benda keras berbahaya juga bisa masuk. Jika dibiarkan maka bisa terjadi masalah pada ban seperti bocor halus hingga ban sulit untuk dipompa.

2. Agar Udara Tak Keluar Dari Ban

Salah satu fungsi utama dari pentil pada ban adalah untuk menjaga tekanan angin di dalam ban agar tidak keluar atau bocor. Apabila pentil pada ban hilang maka bisa menyebabkan ban kempis karena angin di dalam ban akan keluar saat ada tekanan.

3. Mencegah Masuknya Air

Pentil juga berfungsi untuk mencegah air baik dari cucian kendaraan maupun air hujan masuk ke dalam ban. Pasalnya, air ini bisa menyebabkan korosi jika dibiarkan. Sebaiknya, kebersihan pentil ini juga selalu dijaga agar tak kotor atau kemasukan air.

4. Mencegah Ban Pecah

Pentil sekaligus penutupnya juga mengurangi risiko ban pecah. Sebab, tekanan angin terjaga dalam ban sehingga ban tak mendadak kempes dan berisiko pecah saat terkena benturan keras. Untuk itu, pastikan pentil dan penutupnya ada di kendaraan dan dalam kondisi yang baik.

Itu dia beberapa fungsi dari pentil motor dan mobil. Selain itu, pentil juga bisa berfungsi sebagai hiasan karena kini tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang bisa dipilih.