Tips Agar Mobil Terhindar Dari Bau Apek

By Automotive Evalube 02 Sep 2024
 

Salah satu masalah yang sering muncul saat memasuki musim hujan adalah mobil bau apek. Bau apek tentu saja mengurangi kenyamanan selama berkendara. 

 

Sebenarnya, bau apek pada mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti kurangnya menjaga kebersihan di dalam mobil, filter AC mobil yang kotor, karpet mobil kotor hingga bahan jok mobil yang kurang sesuai. 

 

Bau apek sebenarnya bisa dicegah dengan berbagai cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Apa saja caranya? simak lebih lengkapnya di bawah ini: 

 

  1. Menjaga Kebersihan 

 

Sangat penting untuk menjaga kebersihan di dalam mobil. Apabila ada sisa makanan yang tumpah atau berserakan harus segera dibersihkan. Selain itu, juga pastikan tak ada minuman atau air yang tumpah di dalam mobil. 

 

  1. Bersihkan Kabin Secara Rutin 

 

Pastikan secara berkala membersihkan bagian kabin mobil untuk mencegah bau apek. Terutama bagian karpet dan jok mobil. Gunakan vacum cleaner dan sabun pembersih untuk menghilangkan sisa makanan, debu, kotoran, hingga air yang tumpah. Bersihkan semua bagian secara menyeluruh. 

 

  1. Bersihkan Bagian Dashboard Dan Panel Pintu 

 

Bagian lain yang perlu dibersihkan juga adalah dashboard dan panel pintu. Pasalnya tempat tersebut biasanya jadi tempat tumbuh bakteri dan jamur. Bisa menggunakan lap basah dan sabun pembersih khusus mobil. Jika rajin dibersihkan, bagian ini akan terhindar dari bau apek. 

 

  1. Rutin Bersihkan Ac 

 

AC mobil juga jangan sampai terlupa dibersihkan secara rutin. Pasalnya, apabila AC kotor maka udara yang akan diedarkan di dalam mobil bisa menjadi kotor juga. Gunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan AC. 

 

  1. Gunakan Pengharum Mobil 

 

Pengharum mobil cukup efektif untuk mengusir bau apek di dalam mobil. Pastikan juga untuk mengganti pengharum mobil secara berkala. 

 

Itu dia beberapa cara untuk mencegah timbulnya bau apek di dalam mobil. Pastikan jangan menunda membersihkan mobil jika mengetahui ada makanan atau air tumpah di dalam mobil ya agar tak muncul bau apek.