Ini yang Harus Dipertimbangkan Saat Mau Beli Oli Matik

By administrator 09 Des 2019
 

Oli memiliki fungsi yang sangat penting pada sepeda motor, oli berfungsi untuk melumasi komponen dalam mesin agar terhindar dari kerusakan yang timbul akibat gesekan. Oli juga dapat menjaga suhu di dalam mesin agar tidak overheat ketika ada pembakaran, maka dari itu sangat penting dalam memilih oli terbaik untuk digunakan pada sepeda motormu.

Memilih oli terbaik memang tidak mudah, terlebih jika kamu menggunakan sepeda motor matik. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat meu beli oli sepeda motor matik:

  • Sesuaikan Kebutuhan

Memilih oli terbaik dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja dengan melihat keseharianmu. Jika kamu lebih sering melewati jalan yang padat dan membuat kamu harus lebih sering berhenti, kamu lebih cocok menggunakan oli yang memiliki tambahan zat aditif. Zat aditif ini dapat membantu mengurangi panasnya mesin sepeda motor.

  • Sesuaikan Kekentalan

Pelumas yang dibutuhkan oleh sepeda motor matik ini berbeda, jadi sangat penting untuk menyesuaikan tingkat kekentalan yang pas untuk sepeda motormu. Pilihlah oli dengan tingkat kekentalan (nilai kode SAE) yang paling sesuai dengan kebutuhan motor, bisa dilihat pada buku manual kendaraan.

  • Pilih yang Bersertifikat

Oli yang berkualitas memiliki sertfiikat API dan JASO. Jadi ketika kamu mencari oli terbaik untuk sepeda motor, ada baiknya memilih oli yang sudah mengantongi sertifikat API yang sudah teruji di American Petroleum Institute dan JASO yang sudah teruji di Japanese Automotive standar Association.

Jangan sampai salah memilih oli untuk sepeda motor matikmu, oli yang tepat dapat membantu kamu merasakan kenyamanan dalam berkendara.