Tips Merawat Tangki Motor Agar Awet dan Tak Karatan

By Automotive Evalube 02 Sep 2024
 

Salah satu masalah pada tangki motor yang sering terjadi adalah karatan. Karatan tentu saja tak baik untuk tangki motor karena akan memengaruhi kualitas bahan bakar. 

 

Untuk itu, sebaiknya dilakukan perawatan yang tepat pada tangki motor. Tujuannya tentu saja agar tangki motor bebas dari karat dan lebih awet. 

 

Berikut beberapa cara melakukan perawatan pada tangki motor yang perlu diketahui: 

 

  1. Isi Bensin Penuh 

 

Biasakan untuk mengisi bensin secara full tank atau penuh untuk menghindari timbulnya karat. Jangan biarkan tangki motor kosong dalam waktu lama karena akan menimbulkan embun sehingga memicu terjadinya korosi. Memberikan ruang kosong pada tangki bensin juga mempercepat terjadinya karat. 

 

  1. Hati-Hati Saat Cuci Motor 

 

Saat mencuci motor, hindari menyemprotkan air terlalu kencang ke arah tutup tangki motor. Pasalnya, apabila ada sedikit saja air atau embun yang masuk ke tangki bisa memicu karat. Gosok saja menggunakan kain untuk bagian tutup tangki. 

 

  1. Kuras Tangki Motor 

 

Tangki motor baiknya juga dikuras secara berkala. Tujuannya agar kotoran yang membuat korosi dan mesin tersumbat bisa dibuang. 

 

  1. Gunakan Bahan Bakar Bekualitas 

 

Pastikan menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Jangan membeli bahan bakar eceran di tempat tak terpercaya karena bisa saja bahan bakar tersebut sudah dicampur dengan zat-zat tertentu yang bisa memicu terjadinya karatan. 

 

Itu dia beberapa cara merawat tangki motor agar bebas dari karat. Apabila diketahui sudah muncul karat sedikit saja sebaiknya segera minta bantuan teknisi untuk mengatasinya sebelum menyebar.