Tips Mengerem di Turunan Agar Tak Blong

By Automotive Evalube 24 Mei 2024
 

Salah satu tantangan mengenakan motor matic adalah saat melewati jalan menurun. Apabila jalan turunannya cukup panjang, maka bisa berisiko alami rem blong apabila tak mengerem dengan cara yang benar.

Untuk itu, penting untuk dipahami cara mengerem motor matic saat melewati jalan menurun. Pasalnya, motor matic tak memiliki gigi sehingga tak bisa melakukan engine brake untuk mengurangi kerja sistem rem saat menurun.

Berikut beberapa tips mengerem motor matic di jalan menurun agar tak terjadi rem blong:

1. Pastikan Rem Dalam Kondisi Prima

Lakukan perawatan dan pengecekan berkala pada rem agar selalu dalam kondisi prima. Pastikan cairan rem juga tak kurang. Pengecekan berkala akan membantu mengetahui ada komponen yang rusak dan sebaiknya bisa segera diperbaiki.

2. Gunakan Safety Gear

Pastikan mengenakan safety gear yang lengkap sebelum berkendara. Seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang sesuai. Menggunakan safety gear akan mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

3. Kurangi Kecepatan

Jangan mengendarai motor matic dengan ngebut, apalagi saat akan melewati jalan menurun, pastikan mengurangi kecepatan. Jangan memacu gas melebihi batas kecepatan karena bisa menyebabkan kecelakaan dan kendaraan sulit untuk dikendalikan.

4. Gunakan Kombinasi Kedua Rem

Saat melewati jalan menurun disarankan untuk menekan tuas rem depan. Penggunaan rem depan fungsinya agar bisa menahan daya dorong motor di bagian depan. Pasalnya, di jalan menurun daya dorong motor ke depan lebih besar, sehingga rem depan dibutuhkan untuk menahan laju motor.

Rem depan memang sangat krusial di turunan tetapi sebaiknya dikombinasikan dengan rem belakang. Kombinasikan kedua rem ini dengan bijak baik itu bergantian maupun bersamaan. Proporsional adalah kuncinya, meski rem depan akan bekerja paling keras tetapi rem belakang berperan penting juga untuk mengurangi laju motor.

Jangan menekan dalam tuas rem secara mendadak, tekan perlahan sambil merasakan kinerja rem agar bisa memperkirakan tekanan rem yang sesuai

5. Hindari Menekan Rem Terus Menerus

Saat melewati jalan menurun yang sangat panjang, hindari untuk terus menerus menekan tuas rem. Pasalnya, rem akan menjadi panas dan bisa menyebabkan rem tak pakem. Baiknya, istirahat sebentar dengan berhenti agar rem istirahat sejenak.

Itu dia beberapa tips untuk mengerem dengan motor matic di jalan turunan agar tak terjadi rem blong. Pastikan juga selalu memeriksa rute jalan sebelum berkendara agar paham medan jalan yang akan dilewati.