Tips Mengatasi Rem Tangan Mobil Lengket

By Administrator 15 Mei 2023
 

Bagi pengendara yang menggunakan mobil sebagai transportasi harian, mungkin pernah mengalami rem tangan mobil lengket. Biasanya, kejadian ini akan mengunci roda dan membuat mobil tidak bisa dijalankan.

Rem tangan atau biasa disebut rem parkir menjadi salah satu komponen yang vital pada mobil. Biasanya, rem tangan digunakan pengendara ketika akan melakukan proses pengereman dalam posisi menanjak atau turun. Selain itu, rem tangan juga digunakan saat mobil berhenti dalam waktu yang lama.

Namun, seiring penggunaannya, rem tangan juga akan mengalami masalah. Tentu saja hal ini akan membuat pengendara kesal.

Perlu diketahui, biasanya rem tangan yang lengket bisa disebabkan oleh banyak faktor, beberapa di antaranya umumnya terlalu kuat ketika menarik tuas, mobil yang digunakan sering melintasi banjir, hingga menggunakan rem tangan secara sembarangan.

Akan tetapi, bagi kamu yang mengalami kondisi rem tangan lengket tak perlu khawatir. Siimak tips mengatasi rem tangan lengket pada mobil berikut ini.

1. Manfaatkan dongkrak

Salah satu cara umum untuk mengatasi rem tangan mobil yang macet adalah dengan memanfaatkan dongkrak. caranya, pengendara perlu mendongkrak bagian belakang mobil dan lepas roda ban. Kemudian, pengendara hanya perlu melepaskan tromol yang terkunci. Tips pertama ini sering digunakan terutama pada mobil yang sering melintasi banjir atau genangan yang membuat kampas rem atau tromol basah.

2. Biarkan tuas rem bebas

Lanjut, cara lain untuk mengatasi rem tangan mobil lengket adalah dengan membebaskan tuas rem tangan sembari menghidupkan mesin mobil. Nantinya, pengendara hanya perlu memaksa mobil untuk bergerak maju atau mundur hingga mobil terasa ringan ketika melaju.

3. Tarik tuas rem

Tips ketika untuk mengatasi rem tangan mobil lengket dengan cara menarik tuas rem. Pengendara perlu mengeluarkan tenaga yang lebih besar ketika menarik tuas rem. Nantinya, tuas rem yang ditarik bisa kembali ke posisi semula.

4. Tarik tuas rem secara pelan-pelan

Bagi pengendara yang ingin meminimalisir kerusakan pada rem tangan, maka penggunaannya perlu diperhatikan. Biasanya, rem tangan yang lengket terjadi lantaran pengendara menarik tuas rem terlalu kuat. Seingga, penting untuk menarik tuas rem secara perlahan ketika akan digunakan. Lalu, lepaskan ketika suda berada pada posisi yang pas.

5. Pahami setiap jenis rem tangan

Umumnya, mobil memiliki dua jenis transmisi yakni manual dan otomatis. Sehingga, pengendara perlu untuk memahami bagaimana cara kerja rem tangan untuk setiap jenis dari transmisi mobil yang digunakan. Hal ini penting untuk dipelajari agar bisa meminimalisir risiko rem tangan lengket pada kendaraan.

Itulah beberapa tips mengatasi rem tangan mobil lengket. Selain itu, jangan lupa untuk rutin mengganti oli rem, sebab oli rem yang lama biasanya memiliki daya lumas yang kurang.