Cek Oli Mesin Mobil yang Sering Digunakan

By administrator 26 Okt 2020
 

Mesin dalam kendaraan bermotor memiliki peranan yang sangat penting, tanpa adanya mesin maka kendaraan tidak bisa bekerja dengan baik. Mesin sendiri terdiri dari bermacam – macam komponen kecil yang mendukung mesin bisa bekerja lebih maksimal.

Komponen yang ada di dalam mesin ini akan saling bergesekan satu sama lain ketika mesin sedang digunakan, untuk itu kamu membutuhkan pelumas agar gesekan antar komponen bisa diminimalisir. Oli mampu melumasi mesin dengan baik dan juga melindungi mesin dari karat sehingga mesin menjadi lebih awet.

Selain melakukan servis secara rutin, kamu juga perlu mengganti oli untuk menjaga kualitasnya agar tetap bisa bekerja dengan baik. Mengganti oli secara rutin ini wajib untuk dilakukan, meskipun mobilmu jarang digunakan. Kamu tetap harus menggantinya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, sebab seiring waktu pemakaiannya, fungsi oli akan berkurang karena oli sudah bercampur dengan kotoran yang keluar dari sisa pembakaran.

Lalu bagaimana dengan mobil yang sering digunakan? Kalau kamu termasuk orang yang sering menggunakan mobil untuk berkegiatan sehari – hari, sebaiknya kamu melakukan pengecekan oli secara rutin setiap seminggu sekali. Ini perlu kamu lakukan sebelum menggunakan mobil untuk melihat ketersediaan oli, jangan sampai volume oli berkurang karena bisa menimbulkan kerusakan lainnya pada mobilmu.

Sebaiknya periksa volume oli sebelum mesin mobil dinyalakan, karena saat mesin mobil dinyalakan, oli akan naik ke mesin dan membuat jumlahnya berkurang. Jangan lupa juga untuk memeriksa kualitas olinya, kalau sudah banyak partikel debu serta kotoran di dalam oli, ada baiknya kamu menggantinya dengan yang baru.

Biasanya oli mesin diganti setiap pemakaian sudah mencapai 10.000 km atau selama enam bulan, tetapi untuk kamu yang sering menggunakan mobil untuk melewati jalanan yang rusak atau terlalu macet tentu akan memiliki sedikit perbedaan sebab kinerja mesinmu lebih berat dari biasanya. Agar kualitas oli tetap terjaga dan mampu melumasi mesin dengan baik, sebaiknya kamu mempercepat interval penggantian oli saat volume dan kualitasnya sudah menurun.