Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil Kembali Marak, Ini Tips Menghindarinya

By Automotive Evalube 29 Mei 2024
 

Salah satu modus pencurian yang paling ditakuti oleh pemilik mobil adalah modus pecah kaca mobil. Saat pencuri berhasil memecahkan kaca mobil, maka barang-barang berharga di dalam mobil akan terancam diambil. 

 

Pencuri biasanya menggunakan benda keras untuk memecahkan kaca mobil. Salah satu yang sering digunakan untuk memecahkan kaca mobil adalah busi. 

 

Karena sangat berisiko, baiknya pemilik mobil melakukan langkah pencegahan agar tak menjadi korban pencurian dengan modus pecah kaca mobil. Berikut ini beberapa tips untuk hindari pencurian dengan modus pecah kaca mobil: 

 

  1. Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Dalam Mobil 

 

Langkah pencegahan sangatlah penting. Pastikan untuk tak meninggalkan barang berharga seperti uang tunai, laptop, atau perhiasan di dalam mobil. Meletakkan barang berharga di dalam mobil sangatlah berbahaya karena akan menjadi incaran pencuri. 

 

  1. Jangan Parkir di Tempat Sepi 

 

Pencuri biasanya melakukan aksinya memilih tempat yang sepi agar tak ketahuan orang dan mudah kabur. Untuk itu, pastikan memilih tempat parkir yang ramai dan dalam pantauan petugas parkir. Jika memungkinkan baiknya juga mencari tempat parkir yang dalam pantauan CCTV agar saat terjadi sesuatu ada bukti yang bisa digunakan. 

 

  1. Gunakan Kaca Film 

 

Kaca film yang cukup gelap membuat kondisi di dalam mobil tak kelihatan dari luar, ini bisa meminimalisir para pencuri yang sedang mencari calon korbannya. Kaca film juga membantu mengurangi panas sinar matahari masuk ke dalam mobil. 

 

  1. Jangan Tutup Kaca Sepenuhnya 

 

Pencurian dengan modus pecah kaca mobil biasanya menggunakan pecahan kaca busi dan air ludah. Sekali lempar, kaca mobil akan langsung pecah. Hal ini bisa terjadi karena kaca yang terkena panas matahari mengembang sehingga mendorong ruang kosong. Sehingga satu tekanan kecil saja akan membuat kaca menjadi pecah. 

 

Dengan sedikit memberikan udara untuk keluar masuk akan mengurangi pemuaian sehingga kaca tak akan mudah pecah. 

 

  1. Letakkan Barang di Lokasi yang Sulit Dijangkau

 

Jika memang harus meninggalkan barang di dalam mobil, cobalah meletakkan barang tersebut di titik dimana akan sulit dijangkau dari jendela mobil. Mungkin bisa meletakkan barang di lantai mobil bagian tengah dan ditutupi sesuatu agar tidak terlalu mencolok.

 

Jika menggunakan mobil sedan, menaruh barang di bagasi juga bisa jadi pilihan karena satu-satunya cara pencuri membukanya adalah dengan membobol kunci yang notabene mungkin lebih sulit daripada hanya sekadar memecah kaca.

 

  1. Gunakan Alarm Mobil 

 

Mobil-mobil modern sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan termasuk alarm ganda, sensor, atau electrical cut. Sistem keamanan ini akan meminimalisir aksi pencurian. 

 

Tetapi, jika mobilmu belum dilengkapi dengan alarm ini pun tak perlu khawatir karena kamu bisa memodifikasinya sendiri dengan meminta bantuan teknisi. Mengingat fungsinya yang sangat penting, sangat disarankan untuk memasang alarm tambahan. 

 

Itu dia beberapa tips untuk hindari menjadi korban pencurian dengan modus pecah kaca mobil. Semoga selalu aman ya!