Oli Motor Rembes, Ini Tiga Kemungkinan Penyebabnya

By Administrator 19 Apr 2023
 

Salah satu permasalahan dari oli motor ialah rembes ke bagian motor yang lain. Masalah ini tidak bisa disepelekan karena bisa berbahaya.

Oli motor rembes yang dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan turun mesin. Pasalnya, oli akan cepat habis sehingga terjadi gesekan langsung antar komponen yang menyebabkan mesin cepat rusak.

Untuk itu, kenali sebab terjadinya rembes oli pada motor sehingga dapat dihindari. Berikut beberapa penyebab oli rembes pada motor:

1. Mengisi volume oli berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dengan oli. Sebenarnya, di dindin mesin kendaraan biasanya ada informasi batas mengisi oli. Dianjurkan untuk mengisinya sesuai batas tersebut. Jika Anda mengisinya melebihi batas tentu saja oli akan merembes keluar.

Jika Anda tak menemukan batas pengisian oli di kendaraan Anda, bisa digunakan dipstick. Tutup lubang pengisian oli ini juga bisa digunakan untuk mengukur batas oli yang digunakan. Dipstick juga bisa digunakan untuk mengukur kekentalan oli, hingga Anda tahu apakah oli sudah saatnya diganti atau belum.

2. Karet yang rusak atau sudah habis masa pakai

Seal atau karet pada sepeda motor yang sudah usang atau rusak bisa menjadi salah satu penyebab merembesnya oli pada motor. Oli rembes biasanya karena seal pecah atau terbelah karena sudah terlalu lama dipakai.

Paparan sinar matahari yang terus menerus diketahui memang bisa merusak seal ini. Untuk itu, cek selalu karet motor Anda apakah sudah usang dan perlu diganti, sebelum rembes oli terjadi.

3. Packing oli sudah terlalu tua

Usia pakai pada packing motor bisa membuat kinerjanya tak optimal dan bocor. Packing mesin motor yang bocor ini bisa menjadi salah satu penyebab dari rembesnya oli pada motor.

Packing mesin motor jika dirasa sudah tua lebih baik sering dicek apakah masih berfungsi dengan baik.

Selain bisa merusak mesin, oli motor yang bocor biasanya akan meninggalkan jejak di mana motor tersebut diparkir. Tentu ini akan merepotkan Anda karena harus sering membersihkannya. Untuk itu, lebih baik mencegah terjadinya rembes oli dengan menghindari penyebabnya.