Mengenal Cara Kerja Starter Motor

By Automotive Evalube 18 Mei 2024
 

Starter motor memiliki fungsi yang penting pada sepeda motor karena merupakan komponen yang memicu putaran awal pada mesin kendaraan agar dapat berjalan. Sistem starter sendiri adalah rangkaian mekatronika yang bekerja dengan memutar poros engkol menggunakan energi mesin untuk membuat mesin menyala. 

Dengan adanya starter motor, pengendara tak perlu lagi menyalakan mesin dengan manual starter atau kick starter. Dengan demikian, pengendara bisa lebih menghemat energi karena menyalakan motor secara manual membutuhkan tenaga untuk melakukannya. 

 

Cara Kerja Starter Motor 

Meski kebanyakan orang sudah memahami fungsi dari starter motor tetapi sepertinya tak banyak yang tahu bagaimana starter motor bekerja. Berikut penjelasan cara starter motor bekerja: 

  1. Aktivasi Starter

Mengaktivasi starter dengan cara memutar kotak kunci ke posisi on atau menekan tombol start. Saat starter motor sudah diaktivasi, maka arus listrik akan dialirkan menuju solenoid starter. 

  1. Solenoid Starter

Setelah menerima arus dari baterai, Solenoid bertugas untuk menarik batang relay yang terhubung ke pinion gear sekaligus menghubungkan rangkaian listrik ke motor starter. Solenoid sendiri merupakan perangkat elektromagnetik. 

Setelah itu, batang relay yang ditarik oleh solenoid kemudian akan mendorong pinion gear supaya terhubung dengan flywheel (ring gear) pada mesin. 

  1. Motor Starter 

Motor starter ini akan berputar setelah pinion gear, flywheel dan solenoid berhasil menghubungkan listrik ke motor starter. Putaran ini kemudian akan disalurkan ke mesin melalui pinion gear dan flywheel. 

Setelah motor starter berputar maka crankshaft mesin pun akan berputar. Setelah itu, proses pembakaran dalam mesin pun dimulai. Setelah mesin sudah bekerja, kunci kontak kemudian dilepaskan dari posisi start dan solenoid memutus aliran listrik ke motor starter dan pinion gear ditarik kembali. 

  1. Pemutusan Starter 

Sistem starter ini akan berhenti setelah motor berjalan untuk mencegah kerusakan karena overspeeding. Hal ini akan dilakukan secara otomatis oleh sistem kontrol sepeda motor. 

Jadi, itu dia sistem kerja starter motor yang membuat mesin motor jadi menyala dalam hitungan detik. Jangan lupa, untuk segera lakukan pengecekan ketika starter motor tak bekerja dengan optimal ya.