Ini Tanda Motor Harus Turun Mesin

By Automotive Evalube 25 Sep 2024
 

Saat berbagai masalah pada sepeda motor tak menemukan solusi, turun mesin jadi jalan terakhirnya. Turun mesin biasanya terjadi pada sepeda motor yang sudah berumur tua, tapi bukan berarti tak bisa terjadi pada motor yang pemakaiannya belum lama.

Intinya, pada motor yang tidak dirawat dengan baik bisa lebih cepat alami kemungkinan turun mesin. Lalu, kondisi motor seperti apa yang bisa sebabkan motor turun mesin?

Berikut tanda-tanda motor harus turun mesin:

1. Keluarnya Asap Putih dari Knalpot

Munculnya asap putih dari knalpot bukan kondisi yang wajar. Selain pada motor 4 tak, munculnya asap putih dari knalpot umumnya disebabkan karena oli mesin ikut terbakar di ruang pembakaran. Tandanya, ada kerusakan pada komponen mesin yang bisa jadi mengarah ke kerusakan yang serius.

2. Motor Tak Bertenaga

Selain itu, apabila sepeda motormu terasa tak memiliki tenaga atau sangat loyo saat digas bisa juga artinya mesinnya sudah mulai aus. Biasanya ada kerusakan komponen atau komponen mesin sangat kotor.

3. Suara Mesin Tak Seperti Biasanya

Suara mesin ini bisa jadi penggambaran dari kondisi mesin. Apabila suara mesin terdengar kasar atau tak seperti biasanya maka kemungkinan ada kerusakan pada komponen mesin. Apalagi jika suaranya sudah sangat mengganggu, ini bisa jadi pertanda harus segera turun mesin.

4. Mesin Sulit Dihidupkan

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa jadi sebab mesin motor sulit dihidupkan. Bisa jadi masalah kelistrikan, sistem suplai bahan bakar, atau masalah pada komponen dalam mesin. Nah, perlu pemeriksaan lanjutan untuk ini, apabila masalahnya pada komponen mesin dan terus berulang maka sebaiknya memang turun mesin karena hanya akan menghabiskan biaya perbaikan tapi terus terulang.

5. Oli Bocor

Oli bocor juga bisa menjadi tanda-tanda motor harus turun mesin. Biasanya bisa dicek dari dinding mesin soal kebocoran oli ini. Apabila ada kebocoran, oli akan rembes dari celah sambungan konstruksi mesin sepeda motor.

Kebocoran oli ini bisa menyebabkan oli cepat habis. Efeknya, pelumasan pada mesin jadi tak bisa berjalan sempurna sehingga motor cenderung akan sering mengalami overheat.

Itu dia beberapa tanda motor harus turun mesin. Cara agar mesin sehat dan awet adalah dengan merawatnya dengan baik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin dengan baik seperti servis motor secara rutin dan mengganti oli mesin secara berkala.

Gunakan Evalube yang merupakan oli terbaik di kelasnya. Jangan gunakan sembarang oli terlebih yang palsu karena nantinya akan berdampak buruk pada kendaraan.