Ini Berbagai Macam Penyebab Mobil Bisa Terbakar

By Automotive Evalube 23 Mei 2024
 

Di media sosial, seringkali viral video insiden mobil terbakar. Penyebabnya bisa macam-macam, bisa karena overheating hingga kecelakaan fatal.

Kini, pabrikan mobil harus membekali produk mobil mereka dengan alat pemadam kebakaran. Alat ini akan sangat berguna saat terjadi kebakaran pada mobil sehingga pengemudi bisa melakukan langkah pemadaman mandiri.

Berikut ini beberapa alasan mobil terbakar yang baiknya dipahami oleh pemilik kendaraan agar menjadi waspada:

1. Mesin Mobil Overheat

Salah satu penyebab yang bisa membuat mobil alami kebakaran adalah mesin overheating. Kondisi ini adalah saat suhu mesin sangat panas tetapi mobil terus dipaksa melaju. Saat demikian, sangat mungkin terjadi mesin terbakar.

Overheating juga bisa menyebabkan kabel di dekat mesin meleleh dan menjadi sebab lain terjadinya kebakaran. Untuk itu, saat melakukan perjalanan jauh sebaiknya ambil jeda istirahat agar mesin tak terlalu panas.

2. Kecelakaan

Saat mobil alami kecelakaan fatal, bisa saja ada percikan api yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Percikan api bisa disebabkan oleh gesekan komponen mobil yang terbuat dari besi dengan aspal jalan. Apalagi jika tangki bahan bakar bocor, maka bisa menyebabkan kebakaran bahkan ledakan.

3. Bahan Bakar dan Tutup Oli Bocor

Kebocoran pada bahan bakar dan tutup oli sangat berbahaya jika dibiarkan. Pasalnya, bensin dan oli sangat mudah terbakar saat terkena api sehingga apabila terjadi kebocoran sebaiknya segera diperbaiki.

4. Masalah Pada Sistem Kelistrikan

Masalah pada sistem kelistrikan bisa menyebabkan korsleting hingga memicu kebakaran. Perlu dipahami bahwa kebocoran pada oli bisa memicu masalah kelistrikan yang berujung pada risiko terbakarnya mobil. Untuk itu, baiknya segera perbaiki apabila ada masalah pada kebocoran oli.

5. Modifikasi Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga mofisikasi yang berlebihan. Apalagi jika terjadi kesalahan pemasangan pada komponen, hal ini bisa memicu terjadinya kebakaran.

6. Mobil Jarang Diservis

Mobil yang kurang perawatan akan membuat komponen-komponen di dalamnya menjadi rusak. Kerusakan komponen ini yang bisa menyebabkan mobil kebakaran. Bisa karena masalah pada mesin, sistem kelistrikan, hingga kebocoran bensin dan oli.

Untuk itu, pastikan lakukan perawatan berkala pada mobil. Termasuk mengganti oli secara berkala agar mesin tak alami overheating. Pastikan gunakan Evalube, oli terbaik di kelasnya.