Fan Belt Selip Bunyi Berdecit, Ini Penyebabnya

By Automotive Evalube 18 Mei 2024
 

Salah satu yang mengurangi kenyamanan berkendara adalah saat mobil mengeluarkan bunyi tak biasa, misalnya berdecit. Bunyi berdecit pada mobil bisa berasal dari mana saja salah satunya dari fan belt mobil.

Fan belt merupakan sebutan yang biasa disematkan dari sabuk pada mesin. Sabuk ini berfungsi untuk menghubungkan berbagai komponen yang terhubung dengan mesin.

Bunyi berdecit pada fan belt ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Fan Belt Kendor

Alasan yang paling sering terjadi adalah fan belt kendor sehingga menyebabkan bunyi berdecit. Hal ini biasanya disebabkan karena faktor pemakaian. Bisa juga disebabkan karena pemasangan yang kurang tepat atau belt yang digunakan bukan barang asli sehingga ukurannya berbeda.

2. Fan Belt Kotor

Sering diabaikan, padahal penyebab yang tak terduga kenapa fan belt bisa berbunyi adalah karena fan belt kotor. Hal ini biasanya disebabkan karena debu dan kotoran yang menumpuk seperti pasir, tanah, atau bahkan cipratan air. Tumpukan kotoran ini akan menyebabkan fan belt jadi tak mampu bekerja secara optimal sehingga fan belt gagal memutar komponen seperti poros alternator dan komponen mesin lainnya dengan maksimal.

Untuk itu, baiknya bersihkan juga bagian mesin termasuk fan belt secara berkala. Minta teknisi untuk membersihkannya saat lakukan service rutin.

3. Salah Perawatan

Beberapa orang mencuci fan belt dengan sabun cuci piring atau menaburkan bedak di atasnya. Hal itu merupakan perawatan yang salah yang justru akan membuat fan belt mengeluarkan bunyi berdesing.

Jika ingin membersihkan fan belt sendiri, baiknya gunakan cairan khusus belt. Cairan ini biasanya dikemas dalam kaleng aerosol dan dijual di bengkel atau toko otomotif.

4. Usia Pemakaian

Faktor lamanya pemakaian fan belt juga bisa menyebabkan terjadi masalah pada fan belt. Untuk itu, lakukan penggantian fan belt secara berkala agar tak menimbulkan masalah. Biasanya, fan belt diganti setiap menempuh jarak 2.000 hingga 4.000 km.

Itu dia beberapa penyebab fan belt mengeluarkan bunyi berdecit. Jika sudah diketahui sebabnya, semoga bisa melakukan langkah pencegahan ya.