Bunyi Berisik di Bagian Kaki-Kaki, Cek Bagian Berikut

By Administrator 21 Nov 2022
 

Jika terdengar bunyi berisik atau kletek-kletek pada kaki-kaki mobil jangan disepelekan. Sebab, bisa saja ini jadi pertanda kerusakan pada mesin mobil.

Ada beberapa komponen mobil yang biasanya jadi penyebab bunyi berisik ini. Pemilik mobil pastinya penasaran jika terdengar bunyi kletek-kletek di mobil mereka. Berikut daftarnya:

 

1. Shock Absorber

Bagian ini berfungsi meredam guncangan pada mobil. Jika ada kerusakan pada bagian ini, biasanya akan menimbulkan bunyi berisik ketika mobil melewati jalanan yang menimbulkan guncangan.

Shock absorber ini berbentuk seperti tabung dan terletak di dalam pegas spiral bagian roda depan. Kerusakan yang umum terjadi ialah kebocoran tabung. Untuk menghindari kerusakan pada bagian ini penting untuk dilakukan servis berkala.

 

2. Stabilizer Bar

Stabilizer Bar berfungsi untuk menjaga tingkat ketinggian pada roda kiri dan kanan. Termasuk saat roda menerima gaya suspensi pada sistemnya.

Bentuk stabilizer bar seperti dua buah ball joint. Letaknya di roda depan kanan dan kiri. Kerusakan komponen ini akan menyebabkan bunyi nyaring yang sangat mengganggu. Apalagi jika mobil berjalan kencang. Penting untuk melakukan pengecekan rutin pada komponen ini.

 

3. Tie Rod End

Tie Rod End menghubungkan lengan power steering dengan bagian knuckle di roda mobil. Letaknya sendiri di ujung sistem bagian steering.

Tie Rod End memiliki ball joint sebagai engsel yang mirip dengan stabilizer bar. Jika ball joint pada Tie Rod End mulai usang, maka akan menimbulkan suara berisik. Selain menimbulkan bunyi, kerusakan pada komponen ini bisa menyebabkan mobil oleng.

Lakukan pengecekan dan servis berkala agar kerusakan pada bagian ini bisa diantisipasi.

 

4. Ball joint

Kerusakan pada ball joint bisa menimbulkan suara berisik. Letak komponen ini sendiri berada di dalam stabilizer. Fungsinya menjadi engsel untuk perputaran roda saat bergerak.