5 Tips Berkendara di Jalan Tol Untuk Pemula

By Automotive Evalube 30 Sep 2024
 

Tak semua jalan di Indonesia terhubung dengan jalan tol. Sehingga, wajar jika ada banyak orang yang tak terbiasa jika harus berkendara di jalan tol.

Jalan bebas hambatan atau jalan tol biasanya ada di kota-kota besar dengan mobilitas tinggi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkemudi di jalan tol, salah satunya adalah soal kecepatan.

Agar tidak gugup, sebaiknya pelajari dulu beberapa tips berkemudi di jalan tol bagi pemula berikut ini:

1. Mobil Dalam Kondisi Baik

Pastikan mengendarai mobil yang dalam keadaan baik sehingga meminimalisir terjadinya masalah pada mobil saat di jalan. Pasalnya, apabila ada masalah pada mobil di tol maka akan berbeda cara mengatasinya dengan di jalan biasa. Pastikan juga kondisi sistem pengereman dalam keadaan baik untuk keamanan pengemudi.

2. Persiapkan Kartu Tol

Berkemudi di jalan tol itu membutuhkan kartu tol. Saat ini, seluruh gerbang tol di Indonesia sudah menerapkan sistem pembayaran otomatis dengan kartu tol elektronik atau yang disebut dengan e-toll. Kalau belum memiliki kartu ini, maka anda bisa membeli dulu di supermarket, e-commerce, atau perusahaan perbankan. Jangan lupa juga untuk mengisi saldo kartu e-toll tersebut.

3. Pelajari Rute Jalan Tol

Sebelum mencoba berkemudi di jalan tol, pelajari dulu rute jalan tol yang akan ditempuh. Karena ada banyak sekali pintu tol yang bisa dilewati. Pastikan tidak tersesat dan tak salah masuk pintu tol.

4. Paham Rambu Lalu Lintas

Di jalan tol, ada beberapa rambu lalu lintas yang digunakan seperti petunjuk pintu masuk, pintu keluar hingga batas kecepatan. Jangan sampai tidak memahami rambu lalu lintas karena bisa berbahaya.

5. Jaga Jarak Aman

Bagi pemula sebaiknya selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain sekitar 40-60 meter. Jarak ini akan membuat pengemudi memiliki waktu berpikir saat terjadi sesuatu di depannya.

6. Lajur Tepat

Jangan sampai salah lajur, misal berkendara pelan di lajur kanan, ini sangat berbahaya. Kecepatan yang biasa digunakan di tol adalah 60-80 km/jam. Jika ingin menyalip, lewat lajur kanan dengan meninggikan kecepatan dan kemudian kembali ke lajur semula. Jika ingin agak pelan gunakanlah lajur kiri.

7. Nyalakan Lampu Sein Saat Pindah Jalur

Saat akan pindah jalur, nyalakan lampu sein minimal selama dua detik. Hal ini agar pengemudi di belakangmu bisa berhati-hati dan mengurangi kecepatan.

Itu dia beberapa tips berkemudi di jalan tol. Pastikan tetap tenang dan tidak panik karena pada konsepnya kehati-hatian dan kewaspadaan tetap yang utama.