Mengenal Bengkel Ketok Magic, Fakta dan Metode Kerja

By Automotive Evalube 26 Sep 2024
 

Kalian pasti tak asing dengan bengkel ketok magic? Bengkel ini hampir ada di setiap kota dan jadi langganan berbagai pemilik kendaraan.

Meski menggunakan nama magic, apakah benar bengkel ini menggunakan sulap untuk memperbaiki kendaraan? Hal ini tentu saja menjadi rasa penasaran banyak orang.

Bengkel ketok magic biasanya ahli dalam memperbaiki mobil baret atau penyok. Bak sulap, mobil yang tadinya nampak rusak jadi baik- saja.

Berikut beberapa fakta bengkel ketok magic:

1. Bukan Sulap

Yap, meski menggunakan nama magic tapi bengkel ini tak menggunakan ilmu sihir atau sulap untuk memperbaiki bodi mobil yang rusak. Ada trik khusus yang digunakan untuk kembali membuat bodi mobil yang rusak menjadi mulus. Trik ini akan dijelaskan di bagian cara kerja bengkel ketok magic.

2. Sejarahnya

Sebenarnya belum ada yang membuat catatan resmi dari sejarah asal usul bengkel ketok magic. Tetapi, dari berbagai sumber menyebut pelopor dari bengkel ini adalah seorang mekanik bernama Mbah Turut tahun di tahun 1976an. Ilmu bengkel ini kemudian diwariskan kepada mekanik lain bernama Kusmanadi. Orang inilah yang akhirnya membuka bengkel bernama ‘Keteng Teter’ pada tahun 1984 di Yogyakarta. Bengkel ini cukup cepat memperoleh kepopuleran, berawal dari nama tersebut kemudian muncul istilah ketok magic.

3. Tarif Terjangkau

Yang membuat bengkel ketok magic berjaya adalah tarifnya yang terbilang jauh jika dibandingkan dengan bengkel resmi. Hal ini membuat banyak orang lebih memilih memoles bodi mobil mereka yang penyok ke bengkel ketok magic.

 

Cara Kerja Bengkel Ketok Magic

Bengkel ini tak menggunakan ilmu gaib untuk memperbaiki bodi mobil yang rusak. Bahkan alat-alat yang digunakan terbilang sederhana seperti palu, lamak, dan teter. Lamak ini berfungsi untuk menahan ketukan palu. Lamak terbuat dari besi. Belakangan, digunakan juga alat modern seperti hair dryer.

Ada tiga langkah yang digunakan dalam cara kerja bengkel ketok magic. Pertama adalah menentukan lokasi perbaikan. Mekaniknya akan melakukan analisis dan memeriksa bagian mana yang harus diperbaiki.

Kedua, pengerjaan. Bagian ini tak boleh dilihat oleh orang lain. Karena mobil akan dimasukkan ke tempat khusus di mana hanya mekanik yang bisa mengakses tempat tersebut. Pemilik kendaraan pun dilarang melihat perbaikan mobil tersebut. Bukan hal goib dan semacamnya, beberapa orang menyebut ini guna menjaga rahasia perusahaan si ketok magic.

Dalam bekerja, umumnya untuk satu mobil ada akan ada dua orang yang perannya sangat penting. Orang pertama adalah sang tukang ketok magic yang bekerja dengan mengetok bodi mobil dengan alat-alat khusus, kemudian ada kenek alias asisten yang akan menekan bodi mobil dari bagian dalam.

Setelah itu, baru pada bagian finishing. Mobil akan diamplas hingga benar-benar rata kemudian didempul dan terakhir dicat.

Itu dia beberapa fakta dan cara kerja bengkel ketok magic. Siapa nih yang pernah mencoba?