Pentingnya Sun Visor Mobil dan Cara Merawatnya

By Automotive Evalube 25 Sep 2024
 

Keberadaan sun visor di mobil tak boleh diabaikan, pasalnya ia memiliki fungsi yang penting untuk mobil. Sun visor sendiri merupakan komponen yang berada di bagian atas jendela.

Sun visor berbentuk pipih dan memiliki dua sisi yakni kanan dan kiri. Umumnya, satu sisi memiliki cermin dan sisi yang lain tanpa cermin.

Fungsi Sun Visor

Sisi sun visor yang memiliki cermin biasanya digunakan pengemudi untuk makeup atau bercermin. Tetapi, itu bukan fungsi utama dari sun visor.

Sun visor memiliki fungsi utama untuk melindungi mata pengemudi saat berkendara dari efek silau sinar matahari. Pasalnya, saat berkendara, biasanya jarak pandang jadi terbatas karena silau dari sinar matahari.

Dengan adanya sun visor, mata akan terlindungi dari sinar matahari sehingga visibilitas jadi tak terganggu. Meski demikian, sun visor juga boleh digunakan untuk memeriksa penampilan atau mengaca sebagai fungsi tambahan.

Fungsi lain dari sun visor adalah untuk menyimpan uang atau kartu kecil seperti ATM, KTP, atau E-Toll. Biasanya, ruang penyimpanan ini hanya tersedia pada sun visor untuk pengemudi.

Cara Merawat Sun Visor

Karena fungsinya yang penting, sun visor juga perlu dirawat agar awet dan berfungsi secara optimal. Berikut ini beberapa cara merawat sun visor:

1. Rutin Bersihkan Sun Visor

Saat mencuci mobil, jangan lupa untuk sekaligus membersihkan bagian sun visor.

Caranya dengan menggunakan kain mikrofiber, seka dengan gerakan searah. Selain itu, pastikan lepaskan pengaitnya dan bersihkan juga pengait tersebut sampai ke sela-selanya.

Apabila ada kotoran yang cukup menumpuk, bisa menggunakan lap basah untuk menyekanya. Jangan lupa bagian yang ada cerminnya juga dibersihkan.

2. Jangan Merokok

Meski berbahaya, tetapi masih saja ada orang yang merokok di dalam mobil. Kebiasaan ini juga bisa bikin sun visor jadi berubah warna lho.

Kebiasaan merokok di dalam kabin akan membuat sun visor jadi menguning dan kusam. Tentu saja akibatnya tampilan sun visor jadi tidak menarik lagi. Untuk itu, hindari kebiasaan merokok di dalam kabin mobil.

Itu dia fungsi penting dari sun visor dan cara merawatnya. Semoga bermanfaat.