Kelebihan dan Kekurangan Rem Parkir Elektronik Alias EPB

By Automotive Evalube 24 Jul 2024
 

Mobil-mobil keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur Rem Parkir Elektronik atau Electronic Parking Brake (EPB). Sebenarnya EPB ini memiliki fungsi yang sama dengan rem tangan, hanya saja pengoperasiannya secara elektrik. 

 

Penggunaan EPB ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Kalau dilihat secara fisik yang paling kentara adalah membuat tampilan konsol tengah menjadi lebih ringkas dan modern. 

 

Berikut ini secara detail kelebihan dan kekurangan EPB: 

 

  1. Praktis 

 

Seperti sudah dijelaskan di atas, yang paling tampak adalah tampilannya jadi lebih ringkas dan modern. Hal ini tentu sangat cocok untuk anak muda yang suka dengan tampilan simpel dan keren. 

 

Selain itu, untuk mengoperasikan EPB sangat gampang. Untuk mengaktifkannya cuma perlu menginjak rem kaki dan menekan tombol EPB. Sementara untuk mematikannya cukup mengungkit tombol EPB ke atas. 

 

  1. Bisa Non-Aktif Otomatis 

 

Di beberapa mobil, bahkan EPB sangat praktis karena bisa non-aktif otomatis setelah tuas transmisi dipindah ke D. Setelah itu, tanpa perlu melakukan apa pun, EPB akan mati dengan sendirinya secara otomatis. 

 

  1. Keamanan Meningkat 

 

Penggunaan EPB ini diklaim lebih aman karena membuat pengendara tak gampang lelah karena pengoperasiannya yang mudah. Dengan menggunakan perangkat elektrik, EPB bisa terhubung ke fitur cruise control sehingga bisa aktif dan mati secara otomatis. 

 

Kekurangan EPB 

 

  1. Risiko malfungsi 

 

Setiap teknologi pastinya dibarengi dengan risiko malfungsi yang bisa saja terjadi. Seperti pada EPB yang memiliki risiko terkunci terutama di daerah yang memiliki suhu dingin. 

 

Ternyata suhu udara yang rendah bisa membuat rem belakang terkunci. Selain itu, kerusakan disebabkan karena sistem kelistrikan juga mungkin terjadi. Segera hubungi bengkel atau dealer saat hal demikian terjadi. 

 

  1. Gagap Teknologi 

 

Bagi beberapa pengendara mungkin akan sedikit sulit menyesuaikan dengan fitur EPB. Hal ini dikarenakan belum terbiasa. Untuk itu, baik untuk mempelajarinya terlebih dahulu agar tak kebingungan saat di jalan. 

 

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan EPB. Pada dasarnya, baiknya mempelajari terlebih dahulu dengan seksama lewat buku manual sebelum mengoperasikan EPB.