Tips Cegah Jamur di Mobil

By Automotive Evalube 28 Mei 2024
 

Salah satu momok yang kerap bikin takut pemilik mobil adalah jamur. Pasalnya, jamur bisa muncul di mana saja baik di interior mobil maupun di eksterior mobil.

Selain sangat mengurangi kecantikannya, mobil yang berjamur juga tidak sehat dan baunya tak sedap. Adanya jamur di mobil juga bisa mengurangi harga jual mobil. Untuk itu, baiknya mencegah munculnya jamur di mobil.

Berikut beberapa cara mencegah munculnya jamur di mobil:

1. Bersihkan Interior Mobil Secara Berkala

Gunakan pembersih yang sesuai dengan bahan interior mobilmu untuk membersihkannya secara berkala. Bersihkan bagian seperti karpet, jok, plafon, dan bagian lainnya dari debu dan kotoran. Rajin membersihkan debu, noda, dan kotoran dari interior mobilmu cukup efektif untuk menghindari munculnya jamur.

2. Kurangi Kelembapan Pada Mobil

Jaga udara di dalam mobil tetap bersirkulasi dengan baik agar interior mobil tak terlalu lembap. Caranya dengan merawat ventilasi mobil agar udara tetap bisa mengalir dengan lancar. Pastikan buka jendela atau gunakan sistem ventilasi secara teratur. Namun, hindari membuka jendela mobil saat kondisi hujan karena justru bisa membuat kondisi di dalam mobil jadi lembap.

3. Pengharum Mobil

Pengharum kabin mobil juga bisa dimanfaatkan untuk membuat interior mobil jadi wangi dan terhindar dari jamur. Pastikan memilih pengharum yang berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap dan bisa membantu menjaga kelembapan di dalam mobil. Periksa juga bahannya agar aman dan tak mengandung bahan kimia yang bisa merusak bagian-bagian kabin.

4. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Jagalah kebersihan mobilmu karena sangat berpengaruh pada jamur. Pastikan untuk tak meninggalkan makanan atau minuman di dalam mobil apalagi sampai meninggalkannya dalam waktu lama.

5. Cuci Mobil Setelah Kehujanan

Jamur juga bisa muncul di kaca mobil. Untuk mencegahnya, biasakan mencuci mobil setelah kehujanan. Guyur gunakan air bersih dan keringkan dengan kanebo atau kain yang lembut dan bersih.

Itu dia beberapa tips untuk mencegah munculnya jamur pada mobil. Lakukan perawatan secara berkala karena jamur suka muncul di tempat yang tak terawat.