4 Penyebab Rem Bus Bisa Blong, Jangan Diabaikan

By Automotive Evalube 26 Mei 2024
 

Rem bus blong saat mengangkut banyak penumpang tentu saja adalah momok yang menakutkan bagi banyak orang. Sampai saat ini, bus masih jadi salah satu alat transportasi andalan masyarakat. Bus biasanya digunakan untuk bepergian antar kota dan sering disewa untuk kegiatan karyawisata.

Penyebab rem bus blong tentu saja beragam. Mengenali penyebabnya bisa untuk melakukan pencegahan agar tak terjadi rem bus blong.

Beberapa penyebab rem bus blong

1. Kurang Perawatan

Komponen dalam bus termasuk juga rem harus dirawat agar bisa bekerja secara optimal. Hal yang paling penting adalah secara berkala mengecek apakah ada kerusakan atau tidak. Pastikan juga selalu memeriksa rem sebelum melakukan perjalanan.

Lakukan pemeriksaan berkala setelah bus melewati 10 ribu km. Pastikan kampas rem dan sepatu rem tidak aus.

2. Sopir Langgar Prosedur

Salah satu prosedur melewati jalan menurun adalah menggunakan gigi rendah sebelum memasuki jalan menurun, apabila hal ini dilakukan maka kecelakaan bisa dihindari. Namun, kebanyakan kecelakaan bus terjadi karena sopir mengabaikannya. Selain itu penggunaan rem utama yang melebihi kapasitas juga bisa menyebabkan rem bus blong.

3. Kebocoran Selang Angin Pada Rem

Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa perawatan rem sangatlah penting. Pasalnya, apabila ternyata terjadi kebocoran atau penyumbatan pada selang angin dan diabaikan maka bisa menyebabkan terjadinya rem blong.

Selain kebocoran selang angin pada rem, kerusakan komponen lain pada rem juga bisa menyebabkan rem blong. Apalagi jika bus digunakan dalam perjalanan jarak jauh, maka harus dipastikan benar keadaan komponen remnya selalu dalam kondisi yang prima.

4. Sopir yang kurang kompeten

Penting untuk memastikan bahwa sopir kendaraan umum sudah melewati tes yang benar. Hal ini harusnya di bawah pengawasan pemerintah yang bisa meninjau perusahaan angkutan yang terkait. Dengan demikian, penyebab rem blong dari faktor di luar kendaraan bisa diminimalisir.

Itu dia beberapa penyebab rem bus bisa blong. Faktornya bisa dari kendaraannya dan di luar kendaraan. Untuk itu, harus menjadi evaluasi bersama agar tak terjadi lagi kecelakaan yang menelan korban karena rem bus blong.