Harga Oli Gardan, Berikut Kocek yang Harus Dikeluarkan Jika Ingin Ganti

By Administrator 28 Nov 2022
 

Pada sebuah mobil yang menggunakan sistem penggerak roda belakang terdapat sebuah komponen penggerak yang kerap disebut dengan gardan. Gardan tersebut memiliki fungsi untuk menggerakkan roda belakang sebuah mobil dimana tenaga yang sudah dihasilkan oleh mesin disalurkan melalui transmisi dan kemudian diteruskan ke gardan.

Di dalam sebuah gardan terdapat gear-gear yang tentunya berfungsi untuk menggerakkan as roda. Komponen yang ada didalam sebuah gardan meliputi drive pinion gear, ring gear, dan spider gear. Ketika gear tersebut sedang bekerja dan bergesekan satu sama lainnya, agar tidak cepat aus dilengkapi dengan oli gardan yang bisa membuat pergesekan tersebut tetap aman.

Meski di dalam gardan tidak ada pembakaran, tapi oli gardan memiliki masa pakai dan harus mengalami pergantian. Pabrikan umumnya merekomendasikan untuk mengganti oli gardan setiap 40.000 kilometer. Namun ada juga mobil baru yang mewajibkan untuk para pemilik mengganti oli gardan pada saat servis 10.000 kilometer.

Apabila oli pada gardan telat diganti, gear-gear yang ada di dalam gardan tersebut akan aus bahkan berpotensi terjadi kerusakan pada gardan itu sendiri. Tentu ketika sudah terjadi kerusakan pada gardan mobil, pemilik harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk penggantian komponen tersebut.

 

Artikel lain terkait oli gardan disini:

 

Ada beragam kekentalan oli gardan sebuah mobil yang saat ini dijual dipasaran. Penggunaan oli gardan untuk mobil multi purpose vehicle (MPV), sedan, dan city car disarankan menggunakan oli multigrade dengan spesifikasi SAE75-90 atau 80W90. Sedangkan untuk sebuah mobil sport utility vehicle (SUV), pick up, double cabin, dan truk ringan disarankan memilih oli single grade dengan spesifikasi SAE90 atau SAE140.

Salah satu alasan kenapa adanya perbedaan jenis oli gardan yang digunakan terkait dengan jenis mobilnya adalah beban kerja mobil-mobil tersebut berbeda-beda. Sebuah mobil SUV membutuhkan oli gardan yang lebih kental. Sedangkan untuk mobil keluarga atau sedan membutuhkan oli gardan yang lebih encer.

Oli yang memiliki viskositas lebih encer memang lebih baik dalam melumasi celah-celah sempit. Tapi lapisan oil film-nya cenderung lebih tipis sehingga kurang direkomendasikan untuk gir dengan beban kerja yang besar.

Nah untuk mengganti oli gardan tidak seperti oli mesin yang membutuhkan kurang lebih 3 sampai 4 liter. Untuk sebuah gardan hanya membutuhkan oli sebanyak 1 liter saja. Namun untuk kendaraan 4×4 yang memiliki 2 buah gardan tentu membutuhkan 2 liter.

Harga oli gardan pun bisa dibilang cukup terjangkau. Saat ini rentang harga oli gardan mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung kekentalan olinya.

Evalube memiliki produk Evalube GL-4 yang bisa menjadi pilihan, GL-4 merupakan pelumas roda gigi kendaraan dengan minyak dasar mineral yang berkualitas tinggi dengan tingkat kestabilan temperatur serta tingkat kemampuan menahan beban yang baik.