Tips Usir Bunyi Berdecit di Jendela Mobil

By Automotive Evalube 27 Mei 2024
 

Salah satu masalah pada jendela mobil adalah munculnya bunyi berdecit saat dibuka atau ditutup. Bunyi ini tentu saja bikin pengendara mobil merasa tak nyaman.

Munculnya bunyi berdecit pada jendela mobil adalah tanda bahwa mobil kurang perawatan. Suara berdecit ini biasanya muncul saat kondisi mobil dalam kondisi lama tak dirawat.

Untuk menghilangkan bunyi berdecit pada jendela mobil bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut beberapa di antaranya:

1. Perawatan Power Window

Perawatan power window adalah perawatan menggunakan pelumasan mekanikal yang bertujuan untuk mengurangi bunyi berdecit pada jendela. Letak perangkat power window ini ada di balik pintu sehingga door trim harus dibongkar untuk mengaksesnya.

Setelah dibongkar, bersihkan gemuk mengering kemudian lakukan pelumasan dengan gemuk yang baru. Pastikan juga memeriksa bagian rel atau kabel yang kering. Pasalnya, bunyi berdecit juga bisa berasal dari bagian ini. Lakukan pemeriksaan kemudian lumasi ulang bagian tersebut.

2. Perawatan Karet Pintu

Bunyi berdecit juga bisa disebabkan oleh pertautan kaca dengan karet pintu. Apabila kondisi karet ini kering maka bisa menyebabkan keluarnya bunyi dan menghambat gerakan kaca.

Untuk merawatnya caranya adalah dengan silicon spray untuk melumasi karet pintu agar lebih licin sehingga gesekan dapat berkurang. Apabila gesekan berkurang maka bunyi berdecit pun otomatis berkurang.

3. Periksa Komponen Lain

Periksa apakah ada retak pada kaca atau tidak. Kaca yang retak atau rusak juga bisa menyebabkan bunyi berdecit. Selain itu, pastikan komponen lain seperti karet wiper dan kampas rem tidak bermasalah karena bisa juga menyebabkan keluarnya bunyi berdecit.

Itu dia beberapa cara menghilangkan bunyi berdecit pada jendela mobil. Pastikan lakukan perawatan berkala pada power window dan komponen lainnya untuk mencegah bunyi berdecit datang kembali.