Mari Kenali 5 Komponen Penting Ini Pada Gardan Mobil

By Administrator 01 Okt 2021
 

Komponen gardan pada mobil dapat memperbesar momen tenaga yang dihasilkan. Sehingga oli gardan menjadi salah satu perawatan kendaraan yang penting dimana untuk melumasi sistem roda gigi gardan dari keausan akibat kerja berat mentransfer energi dari mesin penggerak menuju roda penggerak kendaraan. 

Kali ini, untuk menambah kesadaran kita akan performa mesin kendaraan. Yuk mari kenali 5 komponen penting pada gardan mobil

1. Axle Housing dan Shaft
Axle menjadi salah satu bagian yang berperan penting dalam putaran mesin. Dalam axle terdiri dari dua bagian, yaitu axle housing dan axle shaft.

Axle housing menjadi rumah pelindung bagi keseluruhan komponen gardan. Biasanya axle housing tersusun dari pelat baja yang kuat untuk berfungsi sebagai tumpuan kedudukan seluruh komponen gardan.

2. Oil Drain Plug
Selanjutnya komponen gardan mobil yang perlu diketahui adalah oil drain plug. Komponen ini digunakan sebagai lubang pembuangan oli gardan. Posisi oil drain plug ini biasanya ada di bagian bawah axle housing.

Namun ada juga gardan yang tidak menggunakan oil drain plug. Jadi jika ingin melakukan pergantian oli harus membongkar gardannya dulu.

3. Ring Gear
Sesuai dengan namanya, ring gear merupakan salah satu komponen gardan yang berbentuk seperti cincin. Ring gear bekerja dengan terhubung bagian drive pinion dan langsung menyalurkan kinerjanya melalui propeller shaft.

Secara fungsi, ring gear bekerja sebagai penerus putaran dari bagian pinion gear dan mengubah sudut putaran mencapai 90 derajat.

4. Bearing
Bagian gardan berikutnya yang juga sangat krusial dalam perputaran mesin yaitu bearing. Terdapat bermacam-macam bearing yang digunakan di gardan. Hal ini tergantung dengan posisi dan penempatannya.

Misalnya saja bearing drive pinion gear, differential case dekat side gear, dan bearing axle shaft yang dipasang pada bagian tersebut. Maka posisinya diletakkan sesuai dengan masing-masing bagian agar dapat bekerja secara optimal.

5. Pinion Gear
Komponen selanjutnya dikenal dengan sebutan pinion gear. Bagian ini biasanya dipasang pada sebuah poros tepat pada differential case carrier. Pinion gear juga dipasang dengan menggunakan pinion gear shaft yang berdampingan dengan side gear.

Pada komponen gardan mobil dan fungsinya inilah akan terhubung langsung dengan differential case agar berputar. Jika side gear yang tersambung dengan as roda terhubung dengan baik, maka side gear akan ikut berputar.

Untuk kebutuhan oli gardan terbaik, Evalube telah menyediakan produk Evalube GL-4, yang merupakan Hypoid Gear Oil dengan formula base oil mineral kualitas tinggi, dengan kemampuan menahan beban kerja yang baik.

Pengaplikasian Evalube GL-4 ini bisa untuk melumaskan gardan mobil bensin maupun diesel, hingga mobil manual ataupun matic. Untuk pelumas mesin transmisi, bisa untuk mobil bensin dan diesel namun khusus untuk jenis mobil manual.

Terkait harga oli gardan mobil dari evalube ini cukup terjangkau, ada varian SAE 90 dengan harga Rp. 39,287 per botol dan juga SAE 140 memiliki harga Rp. 40.309 per botol. Kedua harga tersebut adalah untuk ukuran 1 liter.

Harga oli gardan mobil milik Evalube ini bisa bersaing di pasaran dengan brand lain, namun untuk kualitas oli dari Evalube patut diperhitungkan untuk menjaga stabilitas gardan mobil demi menunjang kenyamanan berkendara.