5 Alat Keamanan Agar Mobil Semakin Aman Saat Parkir

By Automotive Evalube 02 Sep 2024
 

Proteksi keamanan mobil saat diparkir memang tak boleh sembarangan. Pasalnya, pencuri selalu punya akal untuk melakukan kejahatan. 

 

Sebagai pemilik mobil, tentu saja harus melakukan perlindungan optimal. Saat diparkir, sebenarnya ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk memaksimalkan perlindungan. 

 

Berikut beberapa alat keamanan agar mobil semakin aman saat parkir: 

 

  1. Kunci Stir Mobil 

 

Kunci stir mobil ini sudah sangat umum digunakan. Cara kerjanya sederhana dan fungsi utamanya tentu saja agar stir tak bisa digerakkan saat sedang diparkir. 

 

Ada berbagai bentuk stir mobil yang dijual di pasaran. Bisa dipilih sesuai dengan selera pemilik mobil. Stir mobil tentu membuat pencuri membutuhkan waktu yang lebih lama jika ingin membawa kabur mobil, sehingga biasanya pencuri tak memilih mobil yang menggunakan alat pengaman ini. 

 

  1. Alarm Mobil 

 

Alarm mobil juga sudah sangat umum digunakan. Fungsi dari alarm mobil adalah untuk memberi tanda jika ada gerak gerik mencurigakan terhadap mobilmu. 

 

Mobil akan mengeluarkan bunyi keras saat ada pencuri melakukan tindakan kasar pada mobil. Dengan demikian, pencuri biasanya akan panik dan kabur karena suara alarm yang mencuri perhatian. 

 

  1. Kunci Roda 

 

Alat pengunci roda juga penting jadi pilihan, apalagi jika mobil diparkir di tempat yang rawan. Cara kerja kunci roda yakni dengan mengikat velg mobil sehingga tak bisa bergerak. Masalahnya, cara memasang kunci roda ini memang agak rumit sehingga banyak digunakan di saat-saat tertentu saja seperti memarkir mobil dalam waktu lama saat piknik. 

 

  1. Pelacak GPS 

 

Pelacak GPS banyak digunakan pada mobil-mobil rental atau disewakan. Namun, bisa juga dipasang pada mobil pribadi. Fungsinya tentu saja untuk melacak keberadaan mobil saat dibawa kabur orang lain. 

 

  1. Saklar Rahasia 

 

Alat ini cukup ampuh karena bisa membuat pencuri tak bisa menyalakan mesin mobil. Biasanya pencuri bakal kebingungan dan menyerah untuk menyalakan mesin mobil dengan saklar rahasia. Meski perangkat ini terkesan paling rumit tetapi saklar rahasia ini bisa cukup mudah dibuatkan oleh beberapa bengkel mobil.

 

Itu dia lima alat keamanan yang bisa digunakan saat mobil parkir agar jadi jauh lebih aman.