Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat

By administrator 01 Okt 2019
 

Semua kendaraan bermotor termasuk mobil membutuhkan oli sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan di dalam mesin. Selain itu oli juga mampu mengurangi panas pada mesin dan membuat komponen di dalamnya tetap bersih sehingga mesin menjadi lebih awet. Untuk itu sangat penting memilih oli yang tepat untuk mobil Anda agar performa mesin tetap terjaga. Tapi jangan lupa untuk mengganti oli mesin tepat waktu supaya mesin mobil Anda terhindar dari kerusakan yang fatal.

Jangan memilih pelumas mesin hanya berdasarkan harganya. Belum tentu oli mobil dengan bandrol mahal cocok digunakan di mobil Anda. Pilihlah oli yang paling sesuai untuk mobil dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Gunakan Oli Rekomendasi Pabrik

Biasanya Anda akan mendapatkan buku panduan perawatan saat membeli mobil, di dalamnya juga terdapat rekomendasi pelumas yang harus digunakan untuk mobil Anda. Jadi, sebaiknya periksa buku panduan yang diberikan pada Anda agar dapat membeli oli yang paling sesuai untuk mesin mobil.

  • Gunakan Oli Bersertifikat

Sebelum Anda membeli oli untuk mobil, pastikan oli yang dipilih itu bersertifikat seperti ACEA, ILSAC, API, dan JASO. Oli yang bersertifikat pasti sudah terjamin kualitasnya dan tentunya baik untuk digunakan di mobil Anda.

  • Carilah Oli yang Sesuai Mesin Mobil

Anda dapat melihat SAE atau Society of Automotive Engineers untuk memilih oli. Kode yang tertera dapat menunjukkan berapa kekentalan oli yang sesuai untuk mesin mobil Anda. Oli yang sesuai dapat melindungi mesin lebih optimal dalam kondisi apapun.

  • Pilih Bahan Dasar Oli

Oli dibuat dari beberapa bahan dasar yang berbeda, pertama berbahan dasar mineral dan yang kedua berbahan dasar sintetis. Bahan dasar mineral tentu berasa dari minyak bumi yang sangat baik dalam merawat mesin mobil. Sedangkan oli sintetis dibuat dari bahan kimia, namun oli sintetis ini mampu mengatasi perubahan suhu dengan baik.

Memilih oli mobil yang sesuai dapat membuat mesin lebih awet dan terhindar dari kerusakan fatal. Jadi pastikan oli yang Anda beli sudah sesuai dengan kebutuhan, dan jangan lupa juga untuk mengganti oli mobil secara rutin.