Tips Membuat Sepeda Motormu Lebih Awet

By administrator 23 Apr 2020
 

Saat ini sepeda motor sudah menjadi kendaraan yang sangat umum dan banyak dimiliki masyarakat luas untuk menemani kegiatan mereka sehari – hari. Tetapi seiring waktu pemakaian, performa sepeda motor akan mengalami penurunan dan akhirnya timbul rasa tidak nyaman saat kamu mengendarainya. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kamu melakukan perawatan agar sepeda motor lebih nyaman dikendarai dan juga lebih awet. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat sepeda motor lebih awet, seperti:

  • Melakukan Servis Rutin

Komponen yang ada di sepeda motormu membutuhkan perawatan secara berkala, jadi jangan sampai kamu lupa melakukan servis rutin ini agar semua komponen dapat bekerja maksimal dan sepeda motor menjadi lebih awet.

  • Mengganti Oli Tepat Waktu

Oli berfungsi untuk melumasi komponen yang ada pada mesin sepeda motor, dan oli ini harus diganti secara rutin untuk menjaga agar oli tetap bersih. Seiring waktu pemakaian memang oli akan menjadi kotor dan kalau dibiarkan akan merusak komponen di dalam mesin sepeda motormu. Jadi, ada baiknya kamu mengganti oli ini tepat waktu setiap dua bulan sekali untuk menghindari kerusakan pada mesin sepeda motor.

  • Bersihkan Filter Udara

Campuran udara dan bahan bakar yang baik akan membantu mesin bekerja lebih maksimal, tetapi kalau udara yang masuk dalam kondisi kotor tentu akan mengganggu kinerja mesin sepeda motor, untuk itu kamu harus membersihkan filter dan menggantinya udara secara rutin, terlebih ketika kamu sering berkendara pada daerah yang kotor.

  • Berkendara dengan Benar

Berkendara dengan cara yang benar juga bisa membuat sepeda motormu lebih awet, hindari pengereman mendadak saat kamu sedang memacu sepeda motor dalam kecepatan tinggi dan jangan terlalu sering berkendara dalam kecepatan tinggi karena akan membuat mesin lebih cepat panas dan mengalami kerusakan.

Jadi, jangan lupa untuk lakukan perawatan secara rutin pada sepeda motormu dan patuhi aturan berkendara yang baik.