Tanda Sepeda Motor Kehabisan Oli Mesin

By administrator 18 Agu 2020
 

Merawat sepeda motor dengan cara yang baik dan benar memang harus dilakukan untuk menjaga performanya tetap prima, tak hanya melakukan servis rutin, kamu juga harus mengganti oli mesin untuk menghindari mesin dari kerusakan. Tapi sayangnya masih banyak pengguna sepeda motor yang lupa merawat tunggangan mereka sampai akhirnya muncul keluhan.

Oli mesin memang perlu diganti secara rutin untuk menunjang kinerja sepeda motor, saat oli tidak diganti maka berbagai macam kerusakan akan mengintai sepeda motormu. Bahkan tak sedikit dari mereka yang lupa mengganti oli sampai akhirnya kehabisan oli mesin. Lalu apa tanda – tanda sepeda motor kehabisan oli mesin? Berikut ini beberapa tandanya:

Bunyi saat RPM rendah

Bunyi yang keluar saat oli mesin sudah habis akan terdengar seperti benturan dari dua bahan logam, bunyi ini berasal dari katup dan rocker arm yang tidak bisa mendapatkan asupan pelumas dari oli.

Sepeda motor terasa berat

Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga kerja mesin menjadi lebih ringan dan sepeda motor terasa lebih mudah untuk dikendarai, sebaliknya jika oli sudah mulai habis maka mesin tidak bisa terlumasi dengan baik jadi sepeda motormu akan terasa lebih berat saat digunakan.

Mesin mati tiba – tiba

Oli mesin sepeda motor yang sudah habis juga bisa ditandai dengan mesin yang mati secara tiba – tiba saat sedang digunakan. Biasanya kamu juga akan kesulitan untuk menyalakan kembali sepeda motor terutama saat menggunakan electric starter.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan terus – menerus, tak menutup kemungkinan sepeda motormu akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi karena mesin sepeda motor akan menjadi lebih cepat panas, suara mesin terdengar lebih kasar, dan yang paling parah adalah piston akan terkunci akibat proses pemuaian dari panas yang ditimbulkan pada mesin.