Tanda Mobilmu Harus Segera Diservis

By administrator 23 Des 2020
 

Merawat kendaraan bermotor seperti mobil memang perlu untuk dilakukan, salah satunya dengan melakukan servis secara rutin. Mobil yang dirawat dengan baik akan lebih nyaman dan aman dikendarai sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Merawat mobil secara rutin bisa membantu mendeteksi kerusakan yang terjadi lebih awal, sehingga bisa menghindari kerusakan yang lebih parah serta memakan banyak biaya.

Namun masih banyak pemilik mobil yang bingung kapan harus melakukan servis rutin karena tidak ada aturan pasti seperti saat mengganti oli mesin. Sebenarnya ada tanda yang bisa menunjukkan bahwa mobilmu harus segera diservis, berikut tanda – tandanya:

  • Mobil Sulit Dinyalakan

Ketika kamu merasa kesulitan untuk menyalakan mesin mobil, maka sebaiknya kamu membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Sebab jika dibiarkan, tak menutup kemungkinan mesin mobil akan mati mendadak saat sedang digunakan.

  • AC Tidak Dingin dan Bau

Pendingin di dalam mobil memang bisa membuat berkendara terasa semakin nyaman, tapi ketika AC ini terasa tidak dingin dan tercium bau tidak sedap, itu menandakan ada sesuatu yang salah. Segera lakukan servis untuk membuat AC kembali berfungsi normal.

  • Knalpot Berasap

Knalpot yang mengeluarkan asap terlalu banyak dan berwarna juga menjadi tanda kalau mobilmu harus segera di servis. Biasanya asap berwarna putih ini keluar karena adanya oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran dalam jumlah yang cukup banyak. Sedangkan asap yang berawarna hitam disebabkan oleh sistem pembakaran yang tidak sempurna.

  • Suara Bising

Suara bising yang keluar dari dalam mesin memang membuat kamu tidak nyaman saat berkendara, tetapi ini juga menjadi sinyal bahwa mobil harus segera diservis karena menunjukkan adanya kerusakan di mesin mobilmu.

  • Mobil Overheat

Mesin mobil yang lebih cepat panas menjadi tanda untuk kamu segera melakukan servis mobil, hal ini biasanya dipengaruhi oleh volume oli yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti oli dengan yang baru. Tetapi jika kejadian ini terus berulang, sebaiknya kamu membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan servis.

Perhatikan tanda yang ditunjukkan mobil sebagai sinyal untuk segera melakukan servis rutin, karena selain membuat komponen mobil lebih awet, servis rutin juga bisa menghindari kamu dari kejadian yang tidak diinginkan karena kondisi mobil yang kurang sehat.